Cak Imin Ungkap Kondisinya saat Penuhi Panggilan KPK: Alhamdulillah Sehat

JABAR EKSPRES – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) periode 2009-2014 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa sebagai saksi dalam dugaan perkara korupsi pengadaan sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kemenaker tahun 2012.

Cak Imin tiba di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan pada Kamis, 7 September 2023 sekira pukul 10.55 WIB. Ia terlihat mengenakan kemeja berwarna putih dan celana hitam. Sikap ia pun menjadi sosoran, lantraan terlihat menebar senyuman sembari melambaikan tangan ke arah awak media.

BACA JUGA: Penuhi Panggilan KPK Hari Ini, Cak Imin Tebar Senyum dan Lambaikan Tangan

Tidak hanya itu, Cak Imin juga menjawab singkat pertanyaan wartawan menegnai kondisinya saat memenuhi panggilan KPK terkait dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi TKI di lingkungan Kemenaker tahun 2012. Bakal Cawapres Anies Baswedan tersebut mengatakan bahwa kondisinya saat ini sehat.

“Alhamdulillah, sehat,” kata Cak Imin kepada awak media, dikutip JabarEkspres.com pada Kamis, 7 September 2023.

BACA JUGA: Nilai Pemanggilan Cak Imin oleh KPK Sarat Politisasi, Hamdan Zoelva: Kenapa Baru Dipanggil Sekarang?

Sebelumnya, KPK memanggil Cak Imin untuk menjalani pemeriksaat pada Selasa, 5 September 2023. Namun, ia tidak dapat memenuhi panggilan tersebut dan meminta dijadwalkan kembali pada Kamis, 7 September 2023, KPK pun menyetujuinya.

Sebagai informasi pada 18 Agustus 2023 lalu, penyidik KPK menggeledah Kantor Kemenaker di Jakarta. Namun, KPK belum mengumumkan temuan-temuan hasil penggeledahan itu kepada publik. Selain itu, pihak KPK menegaskan bahwa pemanggilan Cak Imin tidak ada kaitannya dengan politisasi hukum.

KPK telah menetapkan tiga orang tersangka, di antaranya yakni Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Kemenaker sekaligus politikus PKB, Reyna Usman kemduain Sekretaris Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Kemenaker, I Nyoman Darmanta dan Direktur PT Adi Inti Mandiri, Kurnia.

Namun hingga saat ini pihak KPK belum memberikan keterangan resmi terkiat hasil pemeriksaan Cak Imin pada hari ini Kamis, 7 September 2023 atas dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi TKI di lingkungan Kemenaker tahun 2012. Pihak Cak imin pun belum buka suara terkait pemeriksaan KPK atas dugaan kasus tersebut. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan