Badai Matahari yang Kuat Melumpuhkan Listrik di Seluruh Amerika Utara

JABAR EKSPRES – Badai Matahari yang kuat mengganggu sinyal radio dan navigasi di seluruh Amerika Utara pada Senin, 7 Agustus 2023.

Badai matahari yang diklasifikasikan sebagai X1.5 ini merupakan suar X ke-20, kategori suar Matahari yang paling kuat dalam siklus Matahari 11 tahunan saat ini, yang akan mencapai puncaknya tahun depan.

Jilatan api Matahari adalah kilatan radiasi energik yang meledak dari daerah yang sangat dingin dan padat secara magnetis di permukaan Matahari yang dikenal sebagai bintik Matahari.

Bergerak dengan kecepatan cahaya, foton dari flare ini tiba ke Bumi dalam waktu delapan menit.

BACA JUGA: Teleskop Hubble Berhasil Menangkap Fenomena Indah di Ruang Angkasa, Sayap Malaikat

Ketika radiasi dari suar berinteraksi dengan partikel-partikel di ionosfer Bumi, wilayah atmosfer pada ketinggian antara 50 dan 400 mil (80 dan 650 kilometer), radiasi tersebut akan menambah kekuatan partikel-partikel tersebut.

Perubahan ini kemudian mempengaruhi sinyal radio dan satelit yang melewati wilayah ini.

Menurut fisikawan Matahari Keith Strong, pemadaman listrik yang disebabkan oleh suar pada hari Senin itu termasuk dalam kategori kuat 3 pada skala lima poin yang dikembangkan oleh Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA).

“Flare X1.5 menyebabkan pemadaman radio R3 (kuat) di sisi bumi yang diterangi cahaya Matahari (sebagian besar AS dan Kanada serta Samudra Pasifik).  Frekuensi di bawah 5 Mhz adalah yang paling terpengaruh dan sinyal navigasi menurun,” kata Strong di X (sebelumnya adalah Twitter), dikutip oleh JabarEkspres.com dari Space.com.

BACA JUGA: Plot Twist! Bukan Merah atau Kuning, Ternyata Warna Matahari Adalah Hijau

Apa itu suar Matahari?

Bayangkan Matahari sebagai bola gas raksasa yang berapi-api. Kadang-kadang, bola api ini menjadi sangat bergairah dan melepaskan semburan energi dan cahaya.

Semburan ini disebut suar Matahari. Ini seperti cara Matahari memamerkan pertunjukan kembang api yang sangat terang dan intens.

Suar ini bisa sangat besar dan kuat, dan memancarkan banyak panas dan cahaya ke angkasa.

Kadang-kadang, jika suar ini mengarah ke Bumi, suar ini bahkan bisa mempengaruhi hal-hal seperti sistem komunikasi dan satelit. Jadi, suar Matahari itu seperti ledakan besar, terang, dan energik dari Matahari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan