Terancam Hilang Mata Pencaharian, Petani KJA Minta Pemerintah Tak Asal Tertibkan!

Sebelumnya, Keramba jaring apung (KJA) di Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal segera ditertibkan. Program penertiban KJA ini adalah bagian dalam Citarum Harum.

Komandan Sektor 9 Citarum Harum Kolonel Infanteri Ahmad Yani menyebutkan, penertiban KJA tersebut perlu dilakukan. Pasalnya, jumlah keramba jaring apung di Waduk Saguling sudah melampaui batas yang telah ditentukan.

“Jika tidak segera ditertibkan, keberadaan KJA ini bisa mengancam ekosistem lingkungan serta memperpendek usia waduk,” kata Ahmad Yani pada Kamis, 13 Juli 2023.

Sementara itu, pengelola Waduk Saguling yakni PT PLN Indonesia Power Saguling POMU bakal melakukan pemetaan keberadaan KJA. Pasalnya, berdasarkan kajian Satgas Citarum Harum, jumlah ideal KJA di Waduk Saguling maksimal 3.282. Sedangkan berdasarkan hitungan kasar jumlahnya lebih dari 35.000 KJA.

“Jumlahnya tentu sudah terlalu banyak. Tapi untuk tahu pastinya, setelah tahapan sosialisasi, kita akan lakukan sensus untuk mengetahui jumlah KJA di waduk Saguling,” pungkas Manajer Lahan dan Lingkungan PT PLN Indonesia Power Saguling POMU, Novy Heryanto. (Mg5)

Baca juga: Jembatan Mampang Langganan Banjir, Pemkot Depok Siapkan Rp8 Miliar untuk Revitalisasi!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan