Diduga Sesat, Ponpes Al Zaytun Berafiliasi dengan NII? Bareskrim Polri Lakukan Pendalaman

JABAR ESKPRES – Di tengah polemik Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Negara Islam Indonesia (NII) kembali menjadi sorotan. Lantaran, Ponpes yang dipimpin oleh Panji Gumilang tersebut diduga berafiliasi dengan NII.

Seperti diketahui bahwa ajaran NII dinilai bertentangan dengan agama Islam, bahkan NII disebut-sebut berkaitan dengan beberapa tokoh teroris hingga diduga sebagai cikal bakal kemunculan terorisme di Tanah Air. Hal demikian juga diduga terjadi pada Ponpes Al Zaytun yang kini tengah menjadi sorotan publik.

Tidak hanya itu, pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang juga disebut-sebut merupakan salah satu pimpinan NII pada NII KW 9. Sehingga, nama Panji Gumilang pun tidak luput dari perhatian publik di tengah mencuatnya polemik Ponpes Al Zaytun tersebut.

BACA JUGA: Massa ASRI Terlibat Aksi Saling Dorong dengan Polisi saat Demo di Al Zaytun, Terduga Provokator Berhasil Diamankan

Dugaan adanya keterlibatan Ponpes Al Zaytun dengan NII pun ditanggapi oleh pihak Bareskrim Polri. Dirtipidum Bareskrim Brijen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro menuturkan bahwa dalam penyidikan didapati terdapat keterkaitan antara Ponpes Al Zaytun dengan NII.

Lebih lanjut, Dirtipidum Bareskrim Brijen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan bahwa pihaknya tentu akan menindaklanjuti dugaan keterlibatan Ponpes Al Zaytun dengan NII tersebut.

BACA JUGA: Aksi Damai Jilid III Digelar Hari Ini, Ponpes Al Zaytun Sepi Tak Terjunkan Massa Tandingan

“Kalau perkara nanti penyidikan kita dapatkan itu, akan kita tindak lanjuti,” katanya kepada awak media, dikutip JabarEkspres.com dari PMJ News pada Jumat, 7 Juli 2023.

Menurut Djuhandani, pihaknya sudah menyerahkan sejumlah barang bukti dalam kasus tersebut ke Laboratorium Forensik (Labfor). Bahkan, lanjutnya, sekarang mereka tengah menunggu hasilnya. Adapun hari ini empat mantan pengurus Ponpes Al Zaytun diperiksa menyangkut kasus penistaan agama oleh pengasuh Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang.

Sementara itu, massa yang tergabung dalam aliansi ASRI menggelar aksi demo di depan Ponpes Al Zazytun, Indramayu, Jawa Barat pada Kamis, 6 Juli 2023 kemarin. Mereka menuntut beberapa hal dan memprotes sikap Panji Gumilang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan