Jelang Hari Raya Idul Adha, Kapolresta Bogor Wanti-wanti Peternak Hewan Kurban

JABAR EKSPRES – Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mewanti-wanti para peternak hewan kurban untuk ikut mengantisipasi atas maraknya aksi pencurian menjelang hari Raya Idul Adha.

Menurutnya, biasanya sejumlah oknum kerap kali memanfaatkan momen itu untuk mengincar sejumlah lokasi peternak.

Bismo mengingatkan, untuk mengantisipasi pencurian hewan ternak di wilayah hukum Polresta Bogor Kota, masyarakat khususnya para peternak diimbau untuk memperketat keamanan di wilayahnya masing-masing.

BACA JUGA: Ini Kata Dokter Hewan Mengenai Cara Memilih Hewan Kurban

Jika ada masyarakat kehilangan hewan ternak, pihaknya meminta agar segera melaporkan kejadian tersebut ke jajaran kepolisian.

“Kalau ada orang yang sekiranya dicurigai, bisa langsung diadukan ke saya, ke nomor aduan pribadi 087810010057,” ungkapnya dkutip Kamis, 22 Juni 2023.

Selain itu, pihaknya juga mendorong agar masyarakat kembali merutinkan kegiatan ronda melalui program sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di masing-masing wilayahnya.

Bismo juga berpesan agar para peternak memaksimalkan pengamanan dan penerangan di sekitar kandang ternak.

“Sebagai saran dan masukan, kalau bisa hewan ternak diberi bunyi-bunyian. Jadi kalau bergerak terdengar bunyi dari hewan tersebut,” tuturnya.

Selain itu, Mantan Wakil Kapolres Metro Jakarta Barat (Wakapolrestro Jakbar) tersebut memastikan, bahwa Polresta Bogor Kota melalui Tim Rainmas, Tim Kujang, Satlantas dan Quick Respon Polres serta jajaran Polsek setiap malam rutin melaksanakan patroli.

“Kami gencarkan patroli sudah lama, kita setiap malam apel bersama 3 pilar, TNI, Polri, dan satpol PP setiap hari ada kegiatan masyarakat yang rawan kamtibmas. Kita pastikan hadir di tengah-tengah masyarakat,” bebernya.

BACA JUGA: HATI-HATI! Ternyata Rabies Bisa Menular!

Selain itu, pihaknya juga konsisten melakukan operasi penyakit masyarakat seperti operasi knalpot brong, operasi miras, operasi narkoba, operasi obat terlarang dan operasi prostitusi online.

“Selama saya menjabat sikat terus, tidak ada gigi mundur. Tidak ada kata zero penindakan,” tegasnya.

Bismo menambahkan, bahwa dirinya juga terus rutin terjun ke masyarakat melalui kegiatan ‘Ngopi Bareng Kapolresta’ dan Jumat Curhat. Hal itu dilakukan untuk membuka ruang komumikasi dengan masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan