Penyakit LSD Masih Ancam Sapi Ternak di Lampung

BELASAN kasus penyakit lumpy skin disease (LSD) atau penyakit kulit pada hewan ternak sapi, ditemukan di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat, Yudha Setiawan.

Dirinya menuturkan, temuan penyakit kulit itu tercatat ada sebanyak 16 kasus penyakit LSD.

“Iya benar Disbunnak Lampung Barat telah menemukan 16 kasus penyakit LSD pada hewan ternak sapi di Lampung Barat,” tutur Yudha, pada Kamis (11/5) melansir ANTARA.

Yudha mengungkapkan, penemuan kasus penyakit LSD tersebut berada di dua kecamatan. Diantaranya yakni Sukau dan Air Hitam.

“12 kasus ditemukan di Pekon (Desa) Pagar Dewa, Kecamatan Sukau, dan empat kasus di Pekon Gunung Terang, Kecamatan Air Hitam,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Yudha, pihaknya sudah menerima laporan dari masyarakat terkait merebaknya penyakit cacar kulit yang menjangkit hewan ternak sapi tersebut.

Adapun menyoal penanganan pertama, dirinya mengatakan, Disbunnak Kabupaten Lampung Barat memberikan suntikan vitamin kekebalan tubuh bagi sapi yang menderita penyakit cacar tersebut.

“Jadi untuk saat ini sapi-sapi yang terpapar telah diberikan pengobatan dan penyemprotan cairan disinfektan,” kata Yudha.

Wabah LSD merupakan virus bermateri genetik DNA dari genus Capripoxvirus dan famili Poxviridae yang umumnya menyerang hewan sapi dan kerbau.

LSD pertama kali dilaporkan di Zambia, Afrika pada tahun 1929 dan terus menyebar di benua Afrika, Eropa, dan Asia. Pada tahun 2019 LSD dilaporkan di China dan India, lalu setahun setelahnya menyebar di Nepal, Myanmar, dan Vietnam.

Pada tahun 2021 LSD telah dilaporkan di Thailand, Kamboja, dan Malaysia. Tahun ini baru ditemukan di Indonesia.

Penularan LSD secara langsung melalui kontak dengan lesi kulit, namun virus ini juga dapat menular melalui darah, leleran hidung dan mata, air liur, semen dan susu pada ternak.

Penularan juga dapat terjadi secara intra-uterine atau melalui peralatan dan perlengkapan yang terkontaminasi virus LSD, seperti pakaian kandang, peralatan kandang, dan jarum suntik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan