Ketahanan Pangan Harus Diwujudkan untuk Hadapi Krisis Global

BALI – Keberadaan sektor pangan di Indonesia sudah menjadi prioritas pemerintah untuk terus dioptimalkan. Sebab, sektor ini untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, presiden Joko Widodo sudah menekankan bahwa Indonesia harus bisa melakukan swasembada pangan.

Menteri pertanian sendiri sudah berksomitmen dengan membuat berbagai program untuk menciptakan ketahanan pangan di Indonesia.

Khusus untuk beras, saat ini ketersedian stok beras di Indonesia ada Rp 10,2 ton. Sehingga siap memasok pangan untuk negara lain yang mengalami krisis pangan.

Berbagai program untuk ketahanan pangan juga tengah dixkembangkan di antaranya dengan meningkatkan produksi pangan lokal seperti Sagu, Gandum dan Singkong.

‘’Bahan pangan ini bisa digunakan sebagai bahan tepung pengganti gandum impor,’’ ujar Syahrul dalam ketarangannya, kemarin, Minggu, (14/11).

Untuk itu, pemerintah Indonesia mengajak negara-negara anggota G-20 untuk memperkuat ketahanan pangan bersama dan harus menjadi pilar utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *