Pasca Aksi Teror di Gereja Katedral Makassar dan Mabes Polri, Polres Sumedang Lakukan Penjagaan Ketat

SUMEDANG – Beberapa waktu lalu, aksi teror merebak di sejumlah daerah di Indonesia. Oknum teroris melancarkan aksi dan mengakibatkan terjadinya ledakan bom di Gereja Katedral di Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (28/3) lalu.

Tidak lama setelah aksi teror di tempat ibadah tersebut, muncul pula ancaman lainnya. Oknum teroris melakukan penyerangan ke Markas Besar (Mabes) Polri pada Rabu (31/3) kemarin.

Terkait situasi tersebut, Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto merespon cepat dengan mengerahkan jajarannya agar mengamankan tempat-tempat ibadah dan memperketat penjagaan.

Eko memerintahkan agar jajaran Polres Sumedang melakukan pengecekan dan mendatangi tempat-tempat ibadah, khususnya gereja yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang.

Selain itu, pengetatan keamanan juga berlaku di Markas Kepolisian Resor Sumedang dan semua markas komando kepolisian yang ada di wilayah hukumnya.

“Tamu yang hendak berkunjung ke Mapolres, Mapolsek, dan Asrama Polri di Sumedang diperketat,” kata Eko kepada wartawan di Sumedang pada Kamis (1/4).

Eko menjelaskan, langkah ini merupakan upaya mengantisipasi aksi teror seperti yang terjadi di Mabes Polri dan Gereja Katedral di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ia melanjutkan, untuk penjagaan yang semakin ketat itu, anggota jajaran Polres Sumedang telah mendapat pembekalan berupa peralatan lengkap.

“Anggota yang berjaga harus dilengkapi dengan Buddy System, alat metal detector, Secdoor dan CCTV,” ujarnya.

Eko mengatakan bahwa pihaknya telah mengintruksikan jajarannya agar melakukan penggeledahan kepada tamu yang hendak memasuki Mako dengan cara yang sopan serta sesuai dengan SOP tugas jaga Mako.

“Anggota yang melaksanakan tugas jaga Mako agar jangan underestimate (menggampangkan) dan selalu berhati-hati terhadap tamu yang datang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Sumedang menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan penjagaan ke setiap gereja di Sumedang. Sebanyak 17 gereja yang ada di kabupaten tersebut akan mendapat pengamanan lebih. Hal itu agar umat Kristen yang akan melaksanakan Misa Agung pada Jumat 2 April 2021 bisa lebih nyaman dalam melaksanakan ibadahnya.

“Polres Sumedang sudah membuat Surat perintah untuk pengamanan kegiatan tersebut dan sudah berkoordinasi dengan pihak Kodim 0610/Sumedang untuk bersama-sama melakukan pengamanan Misa Agung,” pungkas Eko.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan