Harap Waspada! Kasus Penyimpang Sex Incar Usia Belasan Tahun

SUMEDANG – Kasus kekerasan pada anak, bullying dan seks bebas dan perilaku menyim­pang lainnya, jadi ancaman deposit masalah di masa de­pan.

”Kita lihat kasus HIV/AIDS, usia 20 sampai 30 angkanya cukup tinggi. Sedangkan, masa inkubasi HIV adalah 10 tahun. Berarti mulai kena di sejak usia 10 tahun. Sebe­lum kena itu berarti ada se­buah perilaku yang berisiko ke arah sana, kita melihat permasalahan itu,” ujar Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Kabu­paten Sumedang, Retno Er­nawati, kemarin.

Selain itu, kata dia, berdasar­kan data di lapangan, pihaknya banyak menemukan kasus. Ada beberapa kasus laporan, ternyata setelah ditindakla­njuti cukup mencengang­kan.

Misalnya, lanjut dia, ada hubungan seks antar anak yang sudah beberapa kali dilakukan pada usia 10 dan belasan tahun. ”Ketika anak punya masalah tidak ada anak yang salah, yang salah adalah pola pengasuhan, terutama dari orang terde­katnya. Oleh karena itu, sistem parenting harus kita perbaiki. Kemudian, sistem parenting dalam arti bukan hanya orang tua tetapi se­kolah juga bisa mem-paren­ting mereka di luar soal pendidikan dan sebagainya,” tuturnya.

Dikatakan, soal akademis itu tanggungjawab sekolah. Tetapi kebutuhan anak di sekolah tidak hanya soal aka­demis saja. Namun, juga ha­rus terpenuhi kenyamanan mereka. Jangan sampai ada perilaku kekerasan, seperti dicubit, ditendang ataupun lainnya, dan kasus itu ada di Sumedang.

Dia melihat jumlahnya sig­nifikan, karena yang melapor pasti lebih sedikit daripada real data yang ada di la­pangan.

”Kalau saya melihat, anak kita sudah memanggil, me­manggil siapapun yang pe­duli terhadap mereka. Tidak hanya P2TP2A saja, tapi semua harus sudah terpanggil dan peduli pada mereka,” tutur­nya.

Menurutnya, terkait kasus seks terhadap anak, terutama antarmereka, pihaknya sudah mencermati dari sisi psiko­logis tidak ada trauma untuk saat ini, baik korban maupun pelaku. Namun, trauma akan muncul beberapa tahun ke­depan. Ketika mereka sudah memiliki pasangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan