oleh

Indag Ajak Cintai Produk Indonesia

BANDUNG – Serbuan barang impor akan menjadi tantangan tersendiri bagi produk lokal. Menyikapi fenomena itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jawa Barat terus mengkampanyekan program Aku Cinta Indonesia.

Kepala Indag Jawa Barat, Mohamad Arifin Soedjayana hal itu sebagai upaya menumbuhkan kesadaran agar masyarakat lebih memilih membeli produk lokal. Dikatakan dia, dengan membeli produk lokal, masyarakat berpartisipasi membantu para pengusaha kecil di wilayah masing-masing. Selain itu, konsumsi produk lokal juga dinilai sebagai upaya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Arifin menyebutkan untuk meningkatkan produksi dalam negeri, pemerintah telah menerbitkan regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDM) untuk pengadaan barang dan jasa.

”Gerakan beli dan bela produk Indonesia serta Aku Cinta Indonesia tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat. Oleh karena itu masyarakat harus berperan aktif dalam mendukung gerakan ini,” kata Arifin di Bandung kemarin (8/5).

Kegiatan sosialisasi dan koordinasi terus dilakukan pemerintah melalui kelompok kerja yang dibentuk ditingkat nasional, provinsi serta kabupaten/kota. Indag Jawa Barat menilai masyarakat seharusnya bangga terhadap produk dalam negeri. Sebab, jika masyarakat mau menggunakan produk lokal, maka roda perekonomian tidak akan berjalan di masyarakat.

”Oleh karena itu, kita harus bangga dengan produk lokal dan kita harus menggunakan produk-produk yang dibuat dan di produksi oleh usaha kecil menengah yang ada dimasing-masing wilayahnya,” kata dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga