Barca Menang, Real Imbang

[tie_list type=”minus”]Gelar Ke-23 Tinggal Selangkah[/tie_list]

BARCELONA – Jornada ke-36 jadi titik awal yang menentukan peta persaingan antara Barcelona dan Real Madrid berebut tahta juara Primera Division musim ini. Selipnya El Real di Santiago Bernabeu memberikan keuntungan besar bagi Barcelona yang mampu melanjutkan tren kemenangannya.

Real gagal melawan kutukan anti ibukota dari Valencia setelah hanya bermain imbang 2-2 di kandang sendiri. Bahkan, Real nyaris saja dibuat malu andai Isco tak dapat menyamakan kedudukan enam menit jelang laga usai. Sebelum gol Isco terjadi, Valencia sudah leading lewat gol Francisco Alcacer dan Javi Fuego. Satu gol Real dicetak Pepe.

Los Blancos seakan panic karena beberapa jam sebelumnya Barcelona dapat melanjutkan tren tiga poinnya. Di Camp Nou, Barca menekuk tamunya Real Sociedad dengan dua gol tanpa balas. Neymar dan Pedro Rodriguez menjadi kunci Barca menuju tahta ke-23 lewat golnya di menit ke51 dan 86.

Tambahan tiga angka La Blaugrana itu menggenapi gap antar kedua klub rival klasik ini jadi empat angka. Barca melesat di puncak dengan 90 poin, sedangkan Real melambat dengan 86 poinnya. Artinya, Luis Enrique hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk mengangkat trofi Primera Division musim ini.

Uniknya, sebagaimana yang diberitakan Marca, perayaan pesta juara bisa mereka lakukan di ibukota, Madrid, karena pada jornada ke-37 nanti Lionel Messi dkk akan bertandang ke Vicente Calderon, markas Atletico Madrid yang notebene merupakan klub satu kota Real (18/5). ”Tiga poin ini vital bagi kami,” ujar Enrique, dikutip dari AS.

Enrique memuji performa anak asuhnya yang tetap mempertahankan grafik terbaiknya di dua ajang penting. Baik di Primera Division atau Liga Champions. Terbukti, dalam tujuh laga terakhirnya di dua ajang tersebut, Barca tidak terkalahkan dan mencatatkan tujuh kali cleansheet.

Catatan itu menyamai pencapaian mereka di awal musim yang juga tidak kebobolan dalam tujuh laga. Diakuinya, di balik kemenangan ke-29 itu pun anak asuhnya sudah merasa kelelahan fisik ataupun psikisnya. Maklum, setelah tengah pekan lalu berhasil membungkam Bayern Muenchen di Camp Nou, tengah pekan nanti ganti ujian di Allianz Arena yang mesti mereka taklukkan untuk meraih final Liga Champions.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan