16 Parpol Rebutan 120 Kursi DPRD

BANDUNG – Sebanyak 16 partai politik (Parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019, bakal mengincar 120 kursi DPRD Jabar. Jumlah ini lebih banyak 20 kursi dibanding Pemilu 2014 lalu.

Enam partai anyar akan berusaha mencari simpati masyarakat dan berhadapan dengan Sepuluh partai yang pernah dalam kontestasi Pemilu 2014 lalu. Partai-partai lama rerata menargetkan perolehan suara lebih banyak dari yang mereka raih sebelumnya.

Partai Demokrat Jawa Barat yang menyerahkan berkas pendaftaran di hari terakhir kemarin (17/7). Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menargetkan dapat merebut kursi DPRD Jabar seperti masa keemasan mereka pada Pemilu 2004 yang mampu meraih 28 kursi.  Sayangnya pada Pemilu 2014 justru menurun dan hanya mampu mempertahankan 12 kursi.

”DPD Partai Demokrat Jawa Barat daftar 120 bacaleg dengan target memperoleh suara satu untuk masing-masing dapil dan bisa menang seperti di 2004 dan 2009,” tutur Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Irfan Suryanegara usai pendaftaran Pileg 2019 di KPU Jawa Barat, Bandung, kemarin (17/7).

Dari 120 Bacaleg yang didaftarkan, persyaratan 30 persen keterwakilan perempuan sudah dipenuhi, begitu juga dengan persyaratan lainnya. Hal yang paling sulit kata dia, saat menyeleksi 220 orang yang mendaftar padahal paratai hanya memerlukan 120 orang.

”Sulit bagi kami adalah menyisihkan 100 orang lagi, karena ada 220 orang yang mendaftar. Seratus lagi mau dikemanin? Sehingga kami harus mendistribusikan 100 orang ke Pileg kabupaten dan kota,” ujar tambahnya.

Dipartainya sebut Irfan, tidak banyak bacaleg dari kelompok artis yang dinilai mampu mendongkrak perolehan suara. Demokrat beralasan, mereka yakin para Bacaleg yang sudah mendaftar memiliki keterpilihan yang baik didaerah pemilihannya masing-masing.

”Bacaleg artis ada, tapi sedikit. Paling tokoh, saya kan tokoh dan terkenal juga,” tambahnya.

Partai Perindo, partai kedua yang mendaftar di hari terakhir. Kendati merupakan partai anyar, namun Ketua DPW Partai Perindo Jawa Barat, Ferrari Nurrachadian sudah mengincar minimal 10 kursi di DPRD Jabar.

”Target perolehan kursi bisa double digit lah, tetapi minimal lima atau sepuluh kursi sudah cukup baik,” kata Ferrari Nurrachadian.

Disebutkan Ferrari, kebanyakan yang mendaftar sebagai Bacaleg dari partainya kebanyak berlatar belakang pengusaha atau pedagang, selebihnya ada akademisi dan lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan