16 Parpol Rebutan 120 Kursi DPRD

“Tetapi Perindo sama sekali tidak ada calon dari kalangan artis, kebanyakan pengusaha saja,” tambahnya.

Sementara itu mengenai syarat keterwakilan perempuan 30 persen pihaknya mengaku sudah memenuhinya. Begitu juga dengan persyaratan yang laina sudah terpenuhi di hari terakhir pendaftaran. ”Karena pada sebelumnya ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi, sehingga hari ini baru diselesaikan,” ucapnya.

Partai Golongan Karya (Golkar) mendaftar setelah Partai Demokrat, partai berlambang beringin ini mengincar 27 kursi. Keoptimistisan partai ini bermodal elektabilitas Partai Golkar yang makin membaik.

”Mudah-mudahan target mendapatkan 27 kursi di DPRD Jabar ini akan tercapai. Dan alhmdulilah Partai Golkar tadi sudah mendaftar dan sudah diterima KPU Jabar dan alhamdulilah juga sudah diberikan tanda terima, artinya data kita tidak ada perbaikan,” tuturnya Sekretaris DPD Partai Golkar Ade Barkah Surahman kepada awak media di Bandung.

Adapun mengenai syarat keterwakilan calon perempuan kata Ade, Partai Golkar justru melebih dari kuota yang disyaratkan yakni hampir 40 persen. Disisi lain calon anggota DPRD Jawa Barat dari Partai Golkar menempatkan 6 orang public figur salahsatunya pelawak Tenno Ali.

DPD Partai Perjuangan Demokrasi Indonesia (PDIP) Jawa Barat menargetkan minimal 30 kursi. Partai Banteng moncong putih itu mampu mempertahankan sebagi partai pemenang pada 2014 lalu dengan meraih 20 kursi.

”Dari jumlah yang mendaftar Bacaleg, yaitu 120 orang di antaranya 75 laki-laki, 45 perempuan. Sehingga kuota 30 persen keterwakilan perempuan memenuhi syarat. Setelah ini tentunya kami akan menunggu proses dari KPU Jabar sesuai aturan yang berlaku,” tutur Ketua PDIP Jawa Barat, Tb Hasanuddin.

Adapun dari 120 orang bacaleg terbanyak masih merupakan wajah-wajah lama. ”Untuk jumlah detailnya saya kurang tahu, tapi ada yang memilih untuk tidak maju lagi karena berbagai alasan,” katanya.

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Iwan Koswara mengakui partainya tidak muluk-muluk menargetkan banyak kursi di Pemilu 2019. Sebut Iwan, pihaknya menyadari jika PSI masih merupakan partai baru yang tingkat keterpilihannya masih kurang dimata masyarakat Jawa Barat. Sehingga, PSI di Pileg 2019 haya menargetkan 5 atau 10 kursi.

”Meski harapan besar mampu memperoleh satu kursi untuk setiap daerah pemilihan yang didaftarkan,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan