DP3AP2KB Cimahi Dorong Penguatan Peran Karang Taruna dalam Kesejahteraan Sosial

JABAR EKSPRES – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cimahi terus mendorong penguatan peran Karang Taruna sebagai garda terdepan dalam peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala DP3AP2KB Kota Cimahi, Fitriani Manan, usai membuka Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) tingkat Kota Cimahi di Alam Wisata Cimahi, Selasa (22/10/2024).

Menurut Fitriani, kegiatan BBKT merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun Karang Taruna yang ke-64 dan menjadi ajang untuk menunjukkan kontribusi nyata organisasi kepemudaan tersebut dalam mengatasi permasalahan sosial di masyarakat.

Salah satu bentuk konkret yang dilakukan adalah pemberian santunan bagi anak yatim dan penyandang disabilitas, serta pemeriksaan kesehatan gratis.

BACA JUGA: Tanggapi 3 Bulan Deflasi, Bey Machmudin Pastikan Ketersedian Bahan Pokok di Jabar Aman

“Ini adalah bukti kerja nyata Karang Taruna dalam meningkatkan kesejahteraan sosial. Mereka berupaya sendiri untuk menggalang dana dan melaksanakan kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan dan pemberian santunan,” jelas Fitriani pada awak media di lokasi.

Meski kegiatan yang dilakukan belum terlalu besar, Fitriani memandangnya sebagai awal yang baik. Dia juga mengapresiasi semangat kemandirian yang ditunjukkan oleh Karang Taruna dalam menggelar kegiatan sosial secara mandiri.

“Kami sangat menghargai inisiatif mereka. Memang belum banyak, tapi ini adalah awal yang sangat baik. Karang Taruna mampu menunjukkan kemandirian dalam menjalankan program sosialnya,” ungkapnya.

Sebagai organisasi yang berada di bawah binaan DP3AP2KB, Karang Taruna juga mendapatkan pembinaan rutin dari dinas tersebut.

BACA JUGA: Berdialog dengan Influencer dan Konten Kreator Garut, Syaikhu Siapkan Program 3 Juta Lapangan Kerja

Pembinaan dilakukan melalui monitoring dan evaluasi terhadap program-program kerja yang dijalankan, termasuk memastikan bahwa rencana kerja yang disusun setiap tahun berjalan sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Kami selalu memonitor dan mengevaluasi rencana kerja mereka. Setiap tahun Karang Taruna harus membuat rencana kerja yang kemudian kami tinjau, apakah sesuai dengan kegiatan yang mereka lakukan,” tambah Fitriani.

Selain itu, tugas dan fungsi Karang Taruna juga bersinggungan dengan beberapa dinas lain, seperti Dinas Sosial dan Disbudparpora, yang berperan dalam pelaksanaan kegiatan yang melibatkan organisasi tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan