Popularitas Hengky di Pilkada KBB Ditempel Ketat Jeje dan Gilang Dirga

JABAREKSPRES – Berdasarkan hasil lembaga survei Median, Pilkada Kabupaten Bandung Barat, tingkat popularitas 3 paslon bersaing ketat. Hal ini terjadi karena ketiga Paslon memiliki sosok public figur.

Meski begitu, popularitas Hengky Kurniawan masih menjadi juara dengan tinggkat popularitas tertinggi sebesar 90,3 persen.

Direktur Riset Media Ade Irfan mengatakan, tingkkat popularitas Hengky Kurniawan ini terbilang masih sangat rawan. Sebab calon pasangan lainnya menempel ketat petahana.

Menurut Ade, Pelkada di Kabupaten Bandung Barat terbilang sangat menarik. Dimana 3 pasangan calon merupakan public figur dari kalangan artis.

Untuk itu, Popularitas Hengky Kurniawan ditempel ketat oleh Jeje Ritchie Ismail dengan hasil 87,1 persen. Sedangkan posisi ketiga diraih Gilang Dirga 84,6 persen.

‘’Sedangkan Dikdik Agus Triwiyono di angka 61,7 pearsen, sementara dari sisi popularitas dua calon lainnya masih di bawah 50 persen,’’  ujar Ade Irfan dalam keterangannya, Kamis, (17/10/2024).

Sementara itu lanjut Ade Irfan, tingkat elektabilitas atau keterpilihan, Henky Kurniawan – Ade Sudrajat juga masih menduduk posisi teratas dengan perolehan 24,6 persen.

Sedangkan Didik Agus Triwiyono dan Gilang Dirga menempel ketat dengan perolehan 22,5 persen. Turut membayang-bayangi pasangan Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail dengan 20,4 persen.

Dari hasil survei ini sebanyak 45,7 persen pemilih sudah menyatakan pilihannya, sementara 38,7 persen masih belu menentukan dan bisa berubah pilihan.

‘’Ini menunjukkan dinamika pemilih yang masih aktif menjelang pemilihan di Pilkada Kabupaten Bandung Barat,” kata Ade Irfan.

Ketika ditanya mengenai alasan memilih Hengky Kurniawan – Ade Sudrajat karena memiliki pengalaman sebagai petahana.

Di sisi lain 13,6 persen memilih pasangan Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga Dirgahari karena dianggap agamis,

Sementara 27,8 persen memilih Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail karena memiliki popularitas dan program kerja yang baik.

Pada survei kali ini, dari sisi demografi, pemilih laki-laki dan perempuan cenderung memilih pasangan Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat dengan dukungan 23,8 persen dan 25,4 persen masing-masing.

‘’Namun uniknya pemilih pemula berusia 17-19 tahun juga menunjukkan dukungan kuat, mencapai 34,4 persen,’’ tutur Ade Irfan.

Survei dilakukan sejak 3-10 Oktober 2024 dengan jumlah responden 800 orang dan margin of eror +/-3,39 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Tinggalkan Balasan