Jamin Stabilitas Harga Pangan, Pemkot Cimahi: Suplai dan Demand Masih Aman!

JABAR EKSPRES – Sejumlah kebutuhan pokok seperti beras, bawang merah, bawang putih, hingga cabai rawit mengalami kenaikan harga pada Kamis (17/10/2024). Kendati demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengaku terus berupaya menangani kenaikan harga tersebut. Dengan menjaga stabilitas harga pangan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi menegaskan bahwa stabilitas harga dan ketersediaan pangan di Kota Cimahi masih dalam kondisi aman. Dicky menyampaikan bahwa Pemkot Cimahi selalu berpatokan pada neraca pangan untuk memastikan keseimbangan antara suplai dan permintaan.

“Dari beberapa jenis komoditi pangan yang sudah saya cek, antara suplai dan demand masih cukup aman, bahkan berlebih,” ujar Dicky saat ditemui Jabar Ekspres di Pemkot Cimahi, Kamis (17/10).

BACA JUGA:3 Pekan Tahapan Kampanye Berlangsung, Bawaslu Jabar Temukan 46 Dugaan Pelanggaran Pilkada Serentak

Selain itu, kata dia, harga pangan di Kota Cimahi saat ini masih berada pada tingkat yang wajar dan di bawah rata-rata. Sehingga ketersediaan pangan yang tetap terjaga meski bukan merupakan wilayah produsen, menjadi kabar baik bagi Kota Cimahi.

Kendati demikian, Dicky juga mengakui, ada beberapa komoditas pangan yang mulai mengalami kenaikan harga. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemkot Cimahi terus melakukan berbagai upaya agar masyarakat tetap dapat mengakses pangan dengan harga yang wajar.

“Meskipun demikian, beberapa harga pangan yang sudah tren naik, dengan cara-cara seperti ini masyarakat tetap bisa mendapatkan harga pangan yang wajar,” ungkapnya.

Dicky menyoroti pentingnya menjaga stabilitas pangan, terutama melalui kegiatan-kegiatan seperti distribusi beras yang dilakukan secara rutin.

BACA JUGA:Bahlil Raih Gelar Doktor UI dalam Waktu 20 Bulan, Warganet: Metode dan Kerangka Teori Gak Nyambung!

“Untuk beras, seperti subsidi yang sudah kita lakukan setiap bulannya. Hal ini menggembirakan bagi kita semua, dan Pemkot Cimahi akan terus menjaga stabilitas pangan di Kota Cimahi,” jelasnya.

Sementara itu, dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, Pemkot Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) juga mengangkat tema ‘Hak atas Pangan untuk Kehidupan yang Lebih Baik’. Dicky menjelaskan bahwa tema ini penting karena pangan merupakan kebutuhan pokok manusia, setelah udara dan air.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan