7 Titik Rawan Operasi Zebra 2024 di Tasikmalaya, Ini Lokasinya

JABAR EKSPRES – Kota Tasikmalaya sedang bersiap menghadapi Operasi Zebra Jaya 2024, yang berlangsung dari 14 hingga 27 Oktober. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan berkendara dan tertib berlalu lintas di tengah masyarakat, sekaligus menurunkan angka kecelakaan di jalan.

Pelaksanaan operasi ini bertepatan dengan pelantikan presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka, yang dijadwalkan pada 20 Oktober 2024.

Operasi Zebra Jaya tahun ini bukan hanya sekadar penegakan hukum, tetapi juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya tertib berlalu lintas. Melalui pendekatan humanis, petugas akan menggunakan berbagai metode penegakan hukum, termasuk Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang mencakup sistem mobile dan ETLE statis.

Baca Artikel Lainnya : 7 Titik Rawan Operasi Zebra 2024 di Tangerang Hari Kedua

Dengan demikian, diharapkan masyarakat lebih paham akan perundang-undangan lalu lintas dan dapat berperilaku lebih disiplin saat berkendara.

Meskipun belum ada rincian spesifik mengenai lokasi operasi, sejumlah titik rawan di Kota Tasikmalaya diperkirakan menjadi fokus utama. Titik-titik ini berpotensi menjadi lokasi kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas.

Penempatan petugas di titik-titik rawan tersebut diharapkan dapat menciptakan Kamseltibcar Lantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas) yang aman dan kondusif.

Operasi Zebra 2024 juga akan dilakukan secara acak di wilayah Kota Tasikmalaya, dengan sebaran yang melibatkan 19 Polsek di daerah hukum setempat.

Hal ini diharapkan dapat mendisiplinkan pengguna jalan dan mendorong terciptanya budaya tertib berlalu lintas di kalangan masyarakat yang memiliki aktivitas padat.

Dengan pelaksanaan Operasi Zebra 2024, diharapkan tingkat kedisiplinan masyarakat dalam berkendara meningkat. Ini juga diharapkan dapat menekan angka kecelakaan di jalan secara signifikan, terutama menjelang pelantikan presiden yang diprediksi akan meningkatkan volume lalu lintas di kota ini.

Baca Artikel Lainnya : 7 Titik Rawan Operasi Zebra 2024 di Subang

Mari kita semua berperan aktif dalam menjaga keselamatan berkendara dan menciptakan suasana yang aman di jalan raya. Dengan demikian, kita bisa menyambut pelantikan presiden dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran akan pentingnya keselamatan di jalan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan