6 Doa Saat Sedang Dilanda Kesedihan Dan Kegalauan

JABAR EKSPRES – Setiap manusia diuji dengan berbagai macam masalah hidup, ada yang membuatnya menjadi terpuruk dalam kesedihan dan kegalauan. Namun ada juga ujian yang membuat manusia menjadi semakin kuat. Berikut beberapa doa yang bisa diamalkan saat sedang dilanda kesedihan dan kegalauan.

Dengan membaca doa-doa ini, maka kita akan mendapatkan ketenangan, karena kita masih mengingat Allah sebagai pembuat ketetapan. Semua kesedihan dan ujian apa pun merupakan kehendak dari Allah, sehingga sudah seharusnya meminta pertolongannya hanya kepada Allah.

Baca juga : Kumpulan Doa Untuk Negeri Tercinta Indonesia

Jika sudah menyadari hal ini, maka ujian seberat apapun akan dijalani dengan tenang tanpa perlu ada kesedihan dan kegalauan.

Berikut berbagai doa yang bisa kita baca saat dilanda kesedihan an kegalauan.

1. Doa yang diajarkan Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam.

Ada banyak doa yang diajarkan Rosulullah, termasuk doa saat seorang sedih agar bisa bahagia, seorang yang galau bisa tenang, seorang yang sedang terhimpit masalah bisa mendapat jalan keluar.

Beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا قَالَ عَبْدٌ قَطُّ إِذَا أَصَابَهُ هَمٌّ وَحَزَنٌ

Tidak ada seorang pun yang sedang dilanda kegundahan dan kesedihan, lalu mengucapkan doa ini;

اللهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلَاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي

”Ya Allāh , sesungguhnya diri ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba laki-laki Mu, dan anak dari hamba perempuan-Mu, Ubun-ubunku berada dalam genggaman-Mu, Hukum-Mu telah berjalan, dan keputusan-Mu merupakan keputusan yang adil, Aku memohon dengan seluruh nama-nama-Mu, yang engkau namai diri-Mu, atau nama yang engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau telah engkau ajarkan kepada seseorang dari hamba-Mu, atau nama yang masih engkau simpan disisi-Mu, jadikan Al-Qur’an sebagi penentram jiwaku, cahaya hatiku, pelenyap duka dan lara ku.”

إِلَّا أَذْهَبَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ هَمَّهُ، وَأَبْدَلَهُ مَكَانَ حُزْنِهِ فَرَحًا

Tidaklah seorang mengucapkan do’a tersebut, melainkan Allāh akan hilangkan kesedihannya, dan akan jadikan kebahagiaan untuknya

2. Doa yang diriwayatkan para sahabat

Para sahabat pernah berkata:

يَا رَسُولَ اللهِ يَنْبَغِي لَنَا أَنْ نَتَعَلَّمَ هَؤُلَاءِ الْكَلِمَاتِ

Wahai Rasūlullāh , seharusnya kita mempelajari dan menghafal doa tersebut

Beliau Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab :

أَجَلْ، يَنْبَغِي لِمَنْ سَمِعَهُنَّ أَنْ يَتَعَلَّمَهُنَّ

Betul sekali, hendaknya seorang yang mendengar do’a ini untuk mempelajarinya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan