KPU Ciamis dan IJTI Galuh Raya Bersinergi Sosialisasikan Pilkada kepada Pengrajin Angklung

JABAR EKSPRES – Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak tahun 2024 di Ciamis, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Galuh Raya berkolaborasi dengan KPU Kabupaten Ciamis menyelenggarakan sosialisasi pemilihan umum.

Kegiatan yang bertajuk ‘Harmoni Demokrasi Pemilih Cerdas, Pilihannya Pasti Waras ini dihadiri oleh 50 pengrajin angklung dari Kampung Angklung Mandiri Sukses, serta menghadirkan pemateri Ogi Fathuzzaman, seorang praktisi jurnalis dan akademisi dari Universitas Galuh, serta Hendra Sukarman. Acara berlangsung di GOR Desa Panyingkiran pada Senin, 9 September 2024.

Ketua IJTI Galuh Raya, Yosep Trisna, menekankan bahwa demokrasi adalah pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang memerlukan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

BACA JUGA: Pilwalkot Bandung : Arfi Rafnialdi Sampaikan Alasan Duet dengan Yena Ma’soem

Ia menegaskan bahwa Pilkada Serentak 2024 memiliki makna penting sebagai manifestasi dari nilai-nilai demokrasi. Ini adalah momen bagi masyarakat untuk menggunakan hak suara mereka dalam memilih pemimpin yang dapat mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Marilah kita bersama-sama mendukung dan mengawasi jalannya Pilkada ini agar berlangsung dengan aman, damai, dan kondusif. Dengan demikian, kita berharap akan terpilih pemimpin baru yang dapat memenuhi harapan kita,” ujar Yosep Trisna.

Ia mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat mengenai pentingnya penyelenggaraan pesta demokrasi, yaitu Pilkada serentak di Kabupaten Ciamis.

“Kami berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 meningkat, dan masyarakat menyadari peran mereka sebagai pemegang kedaulatan,” tambahnya.

Menurut dia, KPU Ciamis harus berkomitmen mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama pengrajin angklung, agar berperan aktif dalam menyukseskan proses demokrasi ini.

“Melalui kolaborasi dengan IJTI, kami ingin menekankan pentingnya peran pengrajin angklung dalam menciptakan harmoni demokrasi yang kuat. Ciamis, dengan kekayaan budayanya, memiliki tradisi seni yang khas, salah satunya adalah angklung,” jelasnya.

Pemilihan pengrajin angklung sebagai sasaran sosialisasi ini didasarkan pada potensi yang ada di Kampung Angklung, yang setiap minggunya selalu dikunjungi oleh pengunjung dari Ciamis maupun luar kota.

“Dengan demikian, mereka tidak hanya memasarkan angklung, tetapi juga dapat mensosialisasikan informasi terkait Pilkada, termasuk tanggal pelaksanaannya yang jatuh pada 27 November 2024. Kami juga mendeklarasikan para pengrajin angklung ini sebagai Duta Pilkada Ciamis 2024,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan