Lima Bakal Paslon Pilkada Selesai Jalani Tes Kesehatan, KPU KBB: Hasilnya segera diumumkan

JABAR EKSPRES – Lima bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat selesai mengikuti 23 tes pemeriksaan kesehatan jasmani yang dilaksanakan di RSHS Bandung, Minggu 1 September 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Ripqi Ahmad Sulaeman mengatakan, banyaknya serangkaian tes yang harus dijalani, termasuk antrean bapaslon baik di tingkat provinsi hingga kota/kabupaten membuat waktu pemeriksaan berjalan lebih dari 8 jam.

“Pemeriksaan kesehatan para bapaslon bupati dan wakil bupati bandung barat berjalan lancar meskipun memakan waktu yang cukup panjang,” ujar Ripqi saat dikonfirmasi, Senin (2/9/2024).

Menurutnya, para Bapaslon di hari kedua mengikuti berbagai tes pemeriksaan kesehatan diantaranya, pemeriksaan sampel darah, USG, urin fisik dasar, pemeriksaan, fisik neurologi, pemeriksaan mata, pemeriksaan THT dan audiometri.

BACA JUGA:Pemeriksaan Kesehatan Paslon Walkot Cimahi Berjalan Lancar, Hasil Bakal Diumumkan 5-6 Sepetember 2024

Kemudian, ada juga pemeriksaan neurobehaviour, fungsi luhur, stres test (treadmill), foto rontgen thorax PA, gigi dan mulut, serta spirometri.

“Mereka juga mengikuti pemeriksaan fisik penyakit dalam, pemeriksaan fisik jantung, pemeriksaan fisik paru, pemeriksaan bedah, pemeriksaan ortopedi, pemeriksaan urologi, pemeriksaan BNN, psikiatri dan psikolog (tentatif),” sebutnya.

Dalam proses penerimaan hasil kesehatan tidak ada prosesi khusus. Ripqi menyebut hasil pemeriksaan kesehatan itu nantinya menjadi acuan KPU untuk menilai paslon layak atau tidak mengikuti kontestasi Pilbup Bandung Barat 2024.

“Tahapan pemeriksaan kesehatan ini merupakan tahapan lanjutan setelah melalui tahapan pendaftaran yang dilaksanakan pada tanggal 27-29 Agustus 2024,” katanya.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Cimahi Lepas 23 Atlet untuk Berlaga di Invitasi Olahraga Tradisional Jabar 2024

“Kita akan menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan pada tanggal 5 September 2024 bersamaan pemeriksaan persyaratan lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU KBB Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, Cep Suryana menyebut, pengumuman hasil pemeriksaan kesehatan itu bakal disampaikan dengan hasil pemeriksaan administrasi yang telah diupload di aplikasi Silon.

“Sesuai tahapan yang ada kita akan menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan bersamaan pemeriksaan lainnya pada 5 September 2024,” kata Cep Suryana.

Disinggung jika salah satu paslon tak memenuhi syarat dalam tes kesehatan, Cep menegaskan yang bersangkutan bisa dianulir atau gagal melenggang menjadi bakal calon bupati dan wakil bupati Bandung Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan