Gunung Sunda Purba dan Transformasi Bandung Menjadi Danau Raksasa

Transformasi Menjadi Danau Purba Bandung

Danau Purba Bandung yang terbentuk dari sisa letusan Gunung Sunda memiliki kedalaman sekitar 20-30 meter dan meluas hampir tiga kali lipat luas provinsi DKI Jakarta. Namun, sekitar 16.000 tahun yang lalu, gempa bumi dan longsor mengakibatkan penyusutan air danau. Proses ini menjadikan Bandung sebagai rawa, dan akhirnya mengering seiring waktu.

Jejak Sejarah yang Tersisa

Bagaimana para ilmuwan mengetahui semua ini? Bukti sejarah Gunung Sunda dan Danau Purba Bandung masih bisa ditemukan di berbagai lokasi. Fosil-fosil hewan perairan yang ditemukan di sekitar Bandung dan endapan tanah lunak yang mengisi cekungan bekas danau adalah bukti nyata dari masa lalu. Sisa-sisa letusan Gunung Sunda juga terlihat jelas di kompleks Gunung Tangkuban Perahu.

Mengunjungi Bukti Sejarah

Jika kamu tertarik untuk melihat bukti-bukti sejarah ini secara langsung, kunjungi Museum Geologi Bandung di Jalan Ponogoro Nomor 57. Museum ini menyimpan informasi dan artefak yang menceritakan sejarah panjang Gunung Sunda dan danau purba Bandung.

BACA JUGA: Sesar Lembang Aktif Bergerak, Warga KBB Terus Rasakan Gempa Lokal

Jadi, jika kamu penasaran dengan kisah menakjubkan ini, kunjungi Museum Geologi Bandung dan saksikan sendiri bagaimana sejarah alam membentuk wajah Bandung seperti yang kita kenal hari ini!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan