Anggaran Makan Bergizi Gratis Dipangkas menjadi Rp7.500, Warganet: Dapat Apa Harga Segitu?

JABAR EKSPRES – Program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang dijanjikan presiden terpilih Prabowo tengah diterpa isu pemangkasan anggaran, semula akan diberikan sekira Rp15 ribu per anak, kini muncul isu pemangkasan menjadi Rp7.500 per anak.

Isu pemangkasan anggaran Makan Bergizi Gratis ini muncul setelah ekonom Verdhana Sekuritas Heriyanto Irawan, mengaku telah berjumpa dengan tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran.

Menurut pernyataannya, saat ini tim presiden terpilih masih mempertimbangkan untuk menurunkan biaya Makan Bergizi Gratis tersebut.

BACA JUGA:1.600 Ton Per Hari, Sampah di Kota Bandung Terus Menurun?

“Setelah dikomunikasikan angka Rp71 triliun, tim ekonomi presiden terpilih memikirkan apakan biaya makanan per hari itu bisa diturunkan lebih hemat dari Rp15 ribu ke Rp9 ribu atau Rp7500,” kata Heriyanto, Selasa (16/7) kemarin.

Heriyanto menyebut, pertimbangan tersebut memang diuperlukan, mengingat tujuannya yang ingin menjangkau lebih bayak rakyat.

Kemudian, isu pemangkasan anggaran ini menuai beragam tanggapan dari warganet. Banyak pihak yang menyayangkan keputusan tersebut, karena penetapan angkanya yang dianggap tidak rasional.

BACA JUGA:Rancatiis Batujajar Didapuk Jadi Kampung Pengawasan Partisipatif Oleh Bawaslu KBB

“Alokasi makan siang gratis dipangkas. Tetapi disisi lain istilah makan siang gratis diganti nama menjadi “Makan Bergizi Gratis”. Yang jadi pertanyaan, apakah harga segitu (Rp7.500) bisa mendapatkan makanan yang katanya bergizi itu?” tulis akun @/generasiosing di X, dikutip Kamis (18/7).

Dapet apa weh kalo segitu mah,” ujar akun @/xyzsa6 di X.

Menurut warganet, penetapan anggaran Rp7500 per anak dianggap kurang tepat, mengingat saat ini harga bahan baku serta pangan terus mengalami kenaikan. Sehingga anggaran tersebut dinilai tidak akan cukup untuk mendapatkan porsi makanan bergizi.

“Dibayangan gue ‘budget 7.5k buat makan siang isinya apa aja..’ gue yang ngewarteg nasi, sayur, lauk telor dadar aja abis 10k, 7.5k mah sekarang buat jajan batagor 5k sisanya buat beli es the, ini kalo masih dipangkas lagi kebangetan sih wkwk,” ujar akun @/lanfourth di X.

BACA JUGA:Resmi! Dadang Supriatna dan Ali Syakieb Maju di Pilkada 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan