Pasca Idul Adha, DLH Cimahi Pastikan Tidak Ada Kenaikan Volume Sampah

JABAR EKSPRES, CIMAHI – Selama perayaan Idul Adha di Kota Cimahi, terjadi sedikit peningkatan volume sampah. Kenaikan ini terutama terlihat pada H+1 setelah pemotongan hewan kurban, dengan sampah didominasi oleh jenis organik, Selasa (18/6/2024).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Chanifah Listyarini yang mengatakan tidak ada kenaikan signifikan dalam volume sampah selama perayaan Idul Adha tahun ini.

Meskipun ada potensi peningkatan sampah karena aktivitas penyembelihan hewan kurban, langkah antisipatif telah dilakukan untuk meminimalisir dampaknya.

“Sampah tidak terjadi kenaikan yang signifikan, surat edaran sudah kita berikan pada mereka, ke setiap masjid untuk tidak menggunakan kantong plastik untuk kemasan daging. Namun kami belum melihat follow up nya, karena tim kami belum melaporkan,”ujar Chanifah saat dihubungi wartawan melalui ponsel, Kamis (20/6).

BACA JUGA:Usai Viral Video Kembalikan Sampah Kepada Pelaku Pembuang Sembarang, Warga Mediasi Damai

Lebih lanjut, Chanifah menjelaskan volume sampah sebelum dan sesudah perayaan Idul Adha masih dalam batas rata-rata harian.

“Jadi untuk sampah tidak ada kenaikan yang signifikan antara sebelum kurban dan setelah kurban. Karena kami volumenya masih dalam rata-rata saja volume hariannya,” tambahnya.

Pada hari raya Idul Adha, pelayanan pengangkutan sampah memang ditiadakan. Namun, seluruh area yang digunakan untuk perayaan telah dibersihkan dengan baik.

“Hari raya kita kan tidak ada pelayanan sampah, tapi semuanya sudah di clean up,” jelas Chanifah.

BACA JUGA:Diperiksa sebagai Saksi Mahkota, SYL Dijadwalkan Sidang Pekan Depan

Chanifah juga menyebutkan, kenaikan volume sampah hanya terjadi pada H+1 Idul Adha dan sampah tersebut didominasi oleh sampah organik.

“Untuk jumlahnya sendiri tidak terlalu banyak mengalami lonjakan hanya kurang lebih 8.5 ton,” jelasnya.

Untuk pengangkutan sampah sendiri, Chanifah menerangkan, dilakukan saat H+1 Idul Adha, dan sampahnya sendiri didominasi oleh sampah organik.

“Jadi kenaikan volume sampah hanya terjadi pada H+1 saja, saat ini sudah kembali normal,” sambung Chanifah.

DLH Kota Cimahi terus memantau dan mengelola volume sampah, untuk memastikan lingkungan tetap bersih dan nyaman bagi warga, terutama selama dan setelah perayaan besar seperti Idul Adha. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan