Pilkada 2024 Bandung Barat, Berkah Bagi Para Pemasang Spanduk

JABAR EKSPRES – Pengenalan diri para bakal calon bupati (Bacabup) melalui spanduk atau baliho di Pilkada Serentak 2024 membawa berkah bagi masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Betapa tidak, setiap pemasangan alat peraga kampanye (APK) berupa spanduk untuk salah satu Bacabup Bandung Barat, masyarakat menerima upah Rp30.000 dari para kandidat tersebut.

Seorang pria bernama Endang (35), menerima upah Rp300.000 untuk 10 baliho berukuran besar. Baliho itu dipasang secara random di titik-titik yang kerap dilalui oleh masyarakat.

“Rp30.000 per spanduk. Beda-beda, ada yang nyuruh 10 baliho, ada juga yang 15 baliho,” ujarnya saat ditemui Jabar Ekspres, Jumat (14/6/2024).

BACA JUGA: Garap Pembentukan Raperda PPKLP DPRD Serap Aspirasi Masyarakat

Kendati demikian, uang ratusan ribu itu tak sepenuhnya untuk Endang. Pasalnya, ia mengajak dua orang temannya ketika APK tersebut dipasang di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

“Misalkan Rp300.000, itu kami bagi tiga. Jadi nggak semua untuk pribadi saya, jadi bersihnya saya dapat  Rp100.000,” katanya.

Menjelang Pilkada Serentak 2024, Endang mengaku, hanya baru menerima dua permintaan dari 2 Bacabup Bandung Barat. Dari kedua kandidat tersebut, ia udah memasang 25 spanduk di berbagai titik.

“Kecamatan Padalarang, Ngamprah, dan Cikalongwetan yang sudah dipasangi. Paling ramai itu saat Pemilu 2024 kemarin, bisa mencapai 50 spanduk,” ungkapnya.

BACA JUGA: Jelang Libur Panjang Idul Adha, PMI Kota Bandung Pastikan Stok Ketersediaan Darah Aman

Menurutnya, dalam proses pemasangan, ia hanya dibekali seutas tali dan spanduk. Sementara untuk kayu sebagai media tempel baliho sudah disiapkan dari para kandidat Bacabup.

“Dipasangnya malam-malam, karena kalau siang kan ramai. Untuk bahan kayu sudah disiapkan dari mereka,” katanya.

Lebih lanjut, Endang mengaku, sangat bersyukur bisa mendapatkan rezeki tambahan selama Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024. Sebab, kerjaan seperti ini hanya ada setiap lima tahun sekali.

“Alhamdulillah, buat nambah uang dapur. Intinya banyak bersyukur,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan