Hewan Kurban ASN Pemda KBB Disebar di 3 Daerah Terdampak Bencana

JABAR EKSPRES – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Ade Zakir menegaskan, hewan kurban dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya bakal disalurkan ke daerah terdampak bencana.

Menurut Ade, daerah prioritas penyaluran hewan kurban tersebut di antaranya, Kecamatan Cipongkor, Rongga, dan Gununghalu.

“Dikumpulkan dulu di satu titik yang sudah disediakan. Selanjutnya, kita distribusikan ke daerah yang kemarin terdampak bencana banjir, dan tanah longsor,” kata Ade di Ngamprah, Selasa (11/6/2024).

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Kuliner Kaki Lima yang Lagi Hits dan Populer di Bandung

Ade menjelaskan, penyebaran sapi kurban yang dilakukan Pemda Kabupaten Bandung Barat itu merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat yang baru saja ditimpa bencana.

“Ini dilakukan agar seluruh masyarakat, termasuk yang berada di daerah bencana bisa ikut merasakan keberkahan dari Idul Adha,” katanya.

Guna memastikan hewan kurban sehat dan layak, Ade menambahkan, berbagai persiapan termasuk tim survei lapangan terus dilakukan menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA: 5 Tips Cerdas Beli Hewan Kurban Online, Hindari Penipuan Waspadai Trik Liciknya!

“Tim dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) sudah melakukan pengontrolan hewan dari sejak 3 Juni 2024. Ini dilakukan agar hewan yang disebar sehat dan laiak dikonsumsi oleh penerima,” paparnya.

Disinggung mengenai data hewan kurban dari ASN, Ade menyebut belum mengetahuinya, tetapi sebagian hewan kurban sudah ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat.

“Kita satu titikan di BPBD, dan datanya BPBD yang tahu. Mereka yang mencatat karena prioritas utamanya untuk warga terdampak bencana,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan