Disdik KBB Sebut Ada Perubahan Kouta Jalur Zonasi PPDB SMP Negeri

“Jadi kejuaraan ada akademik dan non-akademik, kalau akademik dari nilai raport, kalau jalur non-akademik ya itu dari lomba-lomba olahraga kesenian, Pramuka, hafidz quran juga,” tambahnya.

Adapun seleksi PPDB jalur zonasi, afirmasi dan perpindahan Tugas Orang Tua/Wali bakal di buka mulai 19-26 Juni. Menurut dia, khusus untuk jalur afirmasi sengaja disimpan pada tahap pertama agar nantinya bisa menyesuaikan apakah kuotanya terserap sepenuhnya, kalau pun tersisa akan di tambahkan ke jalur prestasi pada 1-4 Juli 2024.

“Tahapannya tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, jadi Zonasi kuota yang paling banyak, apirmasi dan pindah tugas orang tua. Setelah itu baru prestasi. Kenapa seperti itu? Karena kami menunggu dari jalur apirmasi dulu, sekiranya sudah memenuhi kuota baru ke tahap prestasi,” katanya.

Rustiyana menambahkan, jumlah CPDB untuk SMP sekitar 17.000. Ini terbagi pada sedikitnya 200 SMP yang tersebar di KBB, dengan 67 diantaranya adalah negeri. Karena itu ia menghimbau kepada para orang tua untuk bisa menyesuaikan sekolah yang tidak terlalu banyak yang mendaftar.

“Di kita masih berebut apalagi kebanyakan orang tua kan pengennya ke SMP (favorit), misal SMP 1 jadi gak mau kemana-mana itukan jadi berebut. Terus dari sisi lain kalau ke negeri semua kan kasian juga sekolah swasta. Dan kami sudah tidak bisa menambah sekolah baru karena daei sisi pemenuhan baik negeri dan swasta sudah cukup,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan