Tebing Setinggi 120 Meter di Bandung Barat Longsor, Lalin dari Sukasari dan Tamanjaya Terputus

JABAR EKSPRES – Hujan lebat menyebabkan tebing setinggi 120 meter longsor di Kampung Muncanglega RT 02 RW 01 Desa Sukasari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (25/4/2024).

Bencana alam longsor ini terjadi seusai wilayah Gununghalu diguyur hujan sejak pukul 07.00 WIB.

Camat Gununghalu, Hari Mustika mengatakan, panjang area longsor mencapai 100 meter. Selain itu material longsor pun menutup tuas Jalan Cisuru Sukasari-Tamanjaya.

“Cakupannya seluas 1 hektare persegi. Material longsor seperti tanah, batu dan pohon menutup jalan di perbatasan Cisuru-Tamanjaya,” kata Hari saat dihubungi.

BACA JUGA: Bobol Kotak Amal Masjid di Cileunyi, Pencuri Gondol Rp1 Juta

Ia menjelaskan, imbas dari bencana tebing longsor tersebut, arus lalu lintas dari kedua arah yakni Desa Sukasari dan Desa Tamanjaya pun terputus.

Menurutnya, kondisi cuaca yang masih hujan dan gelap membuat warga belum dapat melakukan gotong royong untuk membersihkan puing-puing longsor yang menutup sebagian ruas jalan tersebut.

“Jalan tertutup total, jadi belum bisa dilalui kendaraan roda 2 maupun roda 4. Yang dibutuhkan yakni alat berat untuk membersihkan material longsoran,” katanya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun 1 unit rumah yang dihuni oleh 2 kepala keluarga terancam terdampak longsor susulan.

“1 rumah dengan 2 KK yang terancam tanah longsor susulan penghuni atas nama Ruhiyat sebanyak 3 Jiwa dan penghuni atas nama Lili 3 jiwa.

Penanganan sementara yang dilakukan petugas saat ini yakni berkoordinasi dengan perangkat desa dan melaksanakan pendataan dampak longsor.

Selain melakukan pendataan, petugas juga memberikan imbauan dan memberi arahan kepada masyarakat agar mewaspadai akan adanya kejadian bencana tanah longsor susulan.

“Diperkirakan masih ada ancaman tanah longsor susulan. Untuk itu, korban terancam tanah longsor sudah kita imbau agar mengungsi ke rumah kerabatnya,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan