Inilah Kecanggihan Sora yang Dibuat oleh OpenAI

JABAR EKSPRES – Pembuat ChatGPT, pada hari Kamis, mengumumkan kemajuan terbaru mereka dalam kecerdasan buatan generatif dengan sebuah alat yang dapat membuat video pendek secara instan berdasarkan perintah tertulis. OpenAI, yang berbasis di San Francisco, telah mengembangkan generator video berbasis teks yang baru, bernama Sora.

Kemunculan Sora mirip seperti startup Runway ML yang juga telah menunjukkan teknologi serupa kualitas dengan video yang ditampilkan.

“Sesi memasak instruksional untuk gnocchi buatan sendiri yang dipandu oleh seorang nenek influencer media sosial yang bertempat di dapur pedesaan Tuscan dengan pencahayaan sinematik,” adalah saran yang disarankan di X oleh seorang fotografer freelance dari New Hampshire. Tidak lama kemudian, CEO Sam Altman merespons dengan video realistis yang menggambarkan deskripsi tersebut.

Alat ini belum tersedia untuk umum dan OpenAI hanya mengungkapkan sedikit informasi tentang cara pembuatannya.

Baca juga: OpenAI Sekarang Bisa Menghasilkan Video dengan Mudah

Perusahaan tersebut, yang telah digugat oleh beberapa penulis dan The New York Times atas penggunaan karya tulis hak cipta untuk melatih ChatGPT, juga belum mengungkapkan sumber gambar dan video apa yang digunakan untuk melatih Sora. (OpenAI membayar biaya yang tidak diungkapkan kepada The Associated Press untuk lisensi arsip berita teksnya).

Dalam sebuah postingan blog, OpenAI menyatakan bahwa mereka sedang berinteraksi dengan seniman, pembuat kebijakan, dan pihak lain sebelum merilis alat baru ini ke publik.

“Kami bekerja sama dengan tim merah, ahli domain di bidang-bidang seperti misinformasi, konten kebencian, dan bias – yang akan menguji model ini,” kata perusahaan itu.

“Kami juga membangun alat untuk membantu mendeteksi konten yang menyesatkan seperti pengklasifikasi deteksi yang dapat mengetahui kapan sebuah video dibuat oleh Sora,”tambahnya

Baca juga: ChatGPT vs Gemini Lebih Bagus Mana? Ini Jawabannya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan