Cek Formasi CPNS 2024, Peluang Fresh Graduate Terbuka Lebar

JABAR EKSPRES – Pemerintah mengumumkan rencana pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024.

Pada tahun 2023 lalu, Kementerian PAN-RB juga membuka serangkaian seleksi CASN.

Seperti yang diungkap di situs BKN, Humas BKN menyampaikan bahwa  PPPK menjadi prioritas utama dalam seleksi CASN tahun 2023 lalu, dengan alokasi sebanyak 543.593 dari total formasi 572.496 yang telah ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Meski belum ada informasi resmi tentang formasi CPNS 2024. Berikut informasi mengenai bocoran beberapa formasi yang akan dibuka dalam CPNS 2024 nanti dilansir dari laman Kementerian PAN-RB.

Daftar Formasi CPNS 2024 yang Diprediksi Dibuka

1. Tenaga Guru dan Kesehatan

Menteri PAN-RB, Azwar Anas, menjelaskan bahwa prioritas pemenuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2024 akan difokuskan pada pemenuhan kebutuhan ASN pelayanan dasar yaitu tenaga guru dan tenaga kesehatan.

Selain itu, pemerintah akan memusatkan perhatian pada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai dengan mandat Undang-Undang No. 20/2023 tentang ASN.

2. Fresh Graduate dan Talenta Digital

Dalam arah kebijakan selanjutnya, pada tahun 2024, pemerintah tetap berkomitmen merekrut talenta baru atau fresh graduate melalui seleksi CPNS.

Kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi dampak transformasi digital terhadap jabatan sebanyak mungkin.

“Rekrutmen ASN diharapkan mengutamakan talenta-talenta digital. Arah rekrutmen ASN Talenta Digital untuk berfokus pada menciptakan nilai tambah ekonomi,” ujar Anas dikutip JabarEkspres.com dari laman KemenPAN-RB.

Tak hanya itu, PNS fresh graduate atau lulusan baru pada tahun 2024 nanti, Anas menjelaskan bahwa Presiden Jokowi menginginkan penempatan yang lebih banyak bagi para lulusan baru di IKN.

BACA JUGA: Rekrutmen ASN 2024 di IKN untuk Fresh Graduate, Talenta Digital Jadi Fokus Utama

3. Calon Hakim

Pemerintah juga memiliki rencana untuk menggelar rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2024, dan salah satu kebutuhan yang akan dipenuhi adalah formasi Calon Hakim (Cakim).

Menteri Anas juga menjelaskan bahwa rencana ini muncul setelah beberapa waktu tidak ada penerimaan calon hakim secara besar-besaran.

Kementerian PANRB merasa perlu menyediakan formasi untuk calon hakim tahun 2024, mengingat kekurangannya yang cukup signifikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan