Rekrutmen ASN 2024 di IKN untuk Fresh Graduate, Talenta Digital Jadi Fokus Utama

KURASI MEDIA – Ada kabar baik bagi para fresh graduate mengenai rekrutmen ASN 2024 khusus di Ibu Kota Negara (IKN).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan adanya penerimaan aparatur sipil negara (ASN), khususnya dari lulusan baru atau fresh graduate, dengan tujuan untuk ditempatkan di ibu kota Nusantara (IKN).

Menurut Menpan RB Abdullah Azwar Anas, pemerintah telah melaporkan tentang pengembangan rencana rekrutmen ASN pada tahun 2024, dimana Presiden meminta adanya penerimaan fresh graduate yang memiliki potensi hebat, dan mereka akan diberikan peluang untuk bekerja di IKN.

“Beliau (Presiden Joko Widodo) minta fresh graduate yang hebat-hebat, nanti salah satunya diberi ruang banyak di Ibu Kota Nusantara,” kata Menpan-RB di Kompleks Kepresidenan, Jumat, (29/12/2023).

Akan tetapi, Menteri Azwar belum memberikan rincian mengenai jumlah lowongan dan kriteria yang dibutuhkan untuk penerimaan ASN di Ibu Kota Negara dari kalangan fresh graduate tersebut.

Dia menyatakan bahwa Presiden yang akan mengumumkan informasi terkait perekrutan ASN IKN tersebut.

BACA JUGA: Inilah Alasan Mengapa Ibu Kota Negara Pindah ke Kaltim

Penerimaan ASN dari fresh graduate ini, lanjut Azwar, akan difokuskan pada individu yang memiliki bakat di bidang digital.

Fokus utamanya adalah pada talenta-talenta atau bakat digital yang dibutuhkan di berbagai sektor dan daerah.

Misalnya yang berkaitan dengan digital di bidang pertanian dan sektor lainnya, bukan dalam konteks pemasaran digital seperti pinjaman online dan sejenisnya.

BACA JUGA: Nilai SKD 300 Memenuhi Syarat Lulus CPNS atau Tidak? Ini Ketentuan Passing Grade CPNS 2023

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan