Rekrutmen CPNS 2024 Bulan Januari Prioritaskan Fresh Graduate

JABAR EKSPRES – Pemerintah Indonesia akan membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 di bulan Januari.

Salah satu hal menarik dari rekrutmen CPNS 2024 bahwa kuota terbesar akan dialokasikan untuk lulusan baru SMA dan perguruan tinggi (fresh graduate).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengatakan bahwa pemerintah memiliki alasan tersendiri untuk memberikan kesempatan lebih besar kepada fresh graduate pada rekrutmen CPNS 2024 tahun ini. Sebelumnya, kuota untuk fresh graduate pada rekrutmen CPNS dan PPPK di tahun sebelumnya relatif kecil.

Namun, Menteri Anas belum membeberkan secara rinci berapa kuota yang akan diberikan untuk para fresh graduate dalam tes CPNS awal tahun depan.

Menurutnya, jumlah kuota CPNS untuk lulusan baru akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Menteri Anas juga meminta maaf kepada para fresh graduate karena belum bisa membuka formasi atau lowongan CPNS pada tahun ini.

Baca Juga: Kabar Baik! CPNS 2024 Ada 1,3 Juta Formasi yang Siap Diisi

Selain rekrutmen CPNS, pemerintah juga akan membuka kesempatan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pemerintah akan menyelesaikan rekrutmen 1,6 juta PPPK dan skenarionya akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Menteri Anas menjelaskan bahwa rekrutmen CPNS pada tahun 2024 akan diprioritaskan untuk lulusan baru. Pemerintah juga akan memprioritaskan rekrutmen untuk formasi yang dibutuhkan dalam proses digitalisasi.

Salah satu fokus pemerintah adalah mendapatkan lebih banyak tenaga terampil di bidang digital di daerah, terutama di sektor pertanian.

Pemerintah membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam teknologi informasi dan pemahaman pariwisata nasional.

Kebutuhan ini sejalan dengan fokus pemerintah dalam memperkuat keamanan siber nasional dan menggarap lima destinasi wisata super prioritas.

Oleh karena itu, pemerintah akan menyediakan banyak formasi untuk para fresh graduate yang memiliki kriteria yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mencatat bahwa kebutuhan CPNS tahun 2024 mencapai 1,3 juta formasi.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS 2024 Akan Diglear 3 Bulan Sekali!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan