Ledakan Tungku Smelter PT ITSS Morowali, 13 Pekerja Tewas

Jabar Ekspres – Ledakan dahsyat terjadi di tungku smelter milik PT ITSS di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (24/12) pagi. Peristiwa itu mengakibatkan 13 pekerja tewas dan puluhan lainnya mengalami luka bakar.

Kapolres Morowali Ipda Abdul Hamid mengatakan, ledakan terjadi sekitar pukul 05.30 Wita. Saat itu, sejumlah karyawan sedang melakukan perbaikan dan pemasangan pelat pada bagian tungku. Tiba-tiba, terjadi ledakan yang menyebabkan beberapa tabung oksigen di sekitar area juga meledak.

BACA JUGA: Angin Puting Beliung Terjang 3 Kecamatan di Kabupaten Bandung, 90 Rumah Rusak

“Personel Polsek Bahodopi datang ke tempat kejadian perkara guna mengetahui situasi dan kondisi pascaledakan terjadi,” kata Hamid.

Hingga kini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab ledakan tersebut.

Sementara itu, pihak PT IMIP belum memberikan keterangan resmi terkait peristiwa ini. Namun, foto dan video peristiwa ledakan tungku di kawasan PT IMIP ramai beredar di media sosial.

Dilansor dari berbagai sumber, peristiwa ledakan tungku smelter ini memakan korban meninggal dunia terdiri dari 7 pekerja asal Indonesia dan 6 pekerja asing. Para korban luka bakar telah dilarikan ke klinik milik perusahaan untuk mendapatkan perawatan intensif.

BACA JUGA: Pemerintah Berikan Insentif Pajak Bagi Pelaku UMKM yang Berinvestasi di IKN

Peristiwa ini juga menimbulkan kerugian materiil yang cukup besar. Tungku Smelter PT ITSS Morowali mengalami kerusakan parah.

Pemerintah daerah setempat dan pihak terkait diharapkan segera melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab ledakan dan memberikan bantuan kepada para korban.

Tinggalkan Balasan