Mendag Zulhas Resmikan Pasar Berkonsep Pembayaran Digital di Bogor

JABAR EKSPRES – Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI), Zulkifli Hasan didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan peresmian pembangunan Pasar Tanah Baru, Kota Bogor pada Rabu, 29 November 2023.

Peresmian pasar yang terletak di Jalan Raya Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara ini dirangkaikan dengan peresmian Pasar Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan.

Dalam kesempatan itu, Mendag Zulhas -sapaanya- berpesan, kepada segenap pihak terkait agar pasar rakyat yang sudah dibangun dapat dikelola dan dipelihara dengan baik secara konsisten dan berkelanjutan sehingga dapat mendukung aktivitas perdagangan dan perekonomian Kota Bogor.

“Pasar tradisional merupakan jantung perekonomian rakyat dan saya berharap Pasar Tanah Baru bisa menjadi ikon bisnis yang menggerakkan roda perekonomian warga Kota Bogor,” ungkap Zulhas dalam sambutannya.

Baca juga: Selama Pancaroba, BPBD Jabar Catat Sekitar 45 Kejadian Longsor

Ia menjelaskan, bahwa Pasar Tanah Baru ini dirancang dengan berpedoman pada SNI Pasar Rakyat, sehingga diharapkan dapat menciptakan pasar rakyat yang bersih, aman, dan nyaman bagi pengunjung yang pada akhirnya dapat meningkatkan transaksi perdagangan.

“Saya memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi dalam pembangunan Pasar Rakyat Tanah Baru Kota Bogor ini,” imbuhnya.

Zulhas menyebut, seiring bergeraknya ekonomi Indonesia, selain membangun ataupun merevitalisasi pasar rakyat, Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga mendorong pedagang dan pengelola pasar rakyat ke dalam ekosistem Digitalisasi Pasar Rakyat.

Menurutnya, transformasi digital pada proses bisnis pedagang pasar rakyat bersifat end to end, dimana transaksi yang biasanya dilakukan secara offline berbentuk tunai atau manual menjadi online dimana bisa dibayar dengan cara non tunai, digital atau berbasis aplikasi.

“Langkah ini penting sebagai antisipasi agar pedagang pasar rakyat dapat bersaing dengan pedagang yang berjualan secara online,” sebutnya.

Selain itu, dirinya memastikan menjelang hari natal dan tahun Baru ini, harga kebutuhan bahan pokok disejumlah pasar tradisional terbilang masih relatif stabil. Untuk di Pasar Tanah Baru di antara lain telur ayam Rp26.000/kg dan daging sapi Rp110.000/kg. Sementara, daging ayam Rp35.000/kg, cabe rawit Rp65.000/kg, bawang merah Rp27.000/kg dan bawang putih Rp30.000/kg.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan