Waspada! Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur, Ini Penyebabnya

JABAR EKSPRES – Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan bahwa telah terjadi gempa bumi tektonik di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan berkekuatan M 2,1 pada Selasa, 28 November 2023 pukul 19.54 WIB.

“Episenter terletak pada koordinat 6.81 LS dan 107.07 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km BaratLaut KAB-CIANJUR-JABAR pada kedalaman 7 km,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Selasa 28 November 2023.

Hartanto memaparkan, gempa yang terjadi akibat aktivitas Sesar Lokal. Hal ini berdasarkan analisis lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Baca juga: Selama Pancaroba, BPBD Jabar Catat Sekitar 45 Kejadian Longsor

Hasil monitoring BMKG sampai dengan pukul 20.35 WIB, belum menunjukkan aktivitas gempa bumi susulan.

Gempa bumi yang dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur, menurut Hartanto, memiliki Skala Intensitas I-II MMI.

“Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang – Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” lanjutnya.

Hartanto mengimbau kepada masyarakat yang terdampak gempa bumi tersebut, terutama yang bertempat tinggal di wilayah Kabupaten  Cianjur dan sekitarnya, agar tetap tenang.

“Tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kerusakan maupun korban akibat gempa bumi tersebut.

Baca juga: Ketua DPRD Rudy Susmanto Pastikan Program Ade-Iwan 2024 Akan Disempurnakan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan