7 Dosa yang Sebabkan Pelakunya Haram Masuk Surga

JABAR EKSPRES – Tujuan seorang muslim hidup di dunia adalah untuk beribadah kepada Allah dengan tujuan untuk mendapatkan surganya Allah. Namun ternyata ada beberapa macam dosa yang bisa membuat seorang muslim diharamkan masuk kedalam surga.

Dosa yang membuat kita haram masuk surga ini, sangat penting diketahui agar jangan sampai seorang muslim melakukannya. Dilansir dari tulisan Ustadz Fadly Gugul Hafidzahullah dari laman bimbinganIslam, ada 7 macam dosa yang menjauhkan kita dari surga.

Meski disebut merupakan dosa yang membuat manusia bisa haram masuk surga, namun pintu tobat dari Allah masih terbuka selama manusia masih hidup di dunia. Namun apakah tobatnya diterima dan dosanya dihapus oleh Allah, hanya Allah yang tahu.

Allah ‘Azza Wa Jalla berfirman:

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa”. (QS. Ali Imran: 133)

Baca juga : Macam-macam Dosa Besar yang Sulit Untuk Diampuni

Yang penting dilakukan oleh manusia adalah menghindar sejauh mungkind ari dosa-dosa yang akan mengharamkan kita masuk surga. Beberapa dosa tersebut diantaranya :

1. Dosa Syirik

Dosa Syirik adalah menyekutukan Allah, atau menganggap ada yang memiliki kekuatan seperti Allah. Ini merupakan syirik besar sehingga pelakunya dinyatakan kafir, keluar dari Islam alias murtad dan seandainya sebelum itu dia melakukan amal yang shaleh, maka terhapuslah nilai amalnya itu, dan sia-sia belaka.

Allah Ta’ala berfirman;

لقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ وَقَالَ الْمَسِيحُ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اعْبُدُوا اللَّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمْ إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِالله فَقَدْ حَرَّمَ الله عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ

Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam, padahal Al Masih sendiri berkata: Hai bani israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu. Sesungguhnya orang-orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan surga kepadanya, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang yang zalim itu seorang penolongpun.”
(QS. Al Maidah/5: 72).

2. Dosa Bunuh Diri

Bunuh diri merupakan perbuatan yang masuk dalam dosa yang sangat besar dalam Islam, yang pelakunya mendapatkan ancaman terhalang dari surga.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda:

كان فيمن كان قبلكم رجل به جرح فجزع فأخذ سكيناً فحز بها يده فما رقأ الدم حتى مات . قال الله تعالى : بادرني عبدي بنفسه حرمت عليه الجنة

Dahulu ada seorang lelaki yang terluka, ia putus asa lalu mengambil sebilah pisau dan memotong tangannya. Darahnya terus mengalir hingga ia mati. Allah Ta’ala berfirman: Hambaku mendahuluiku dengan dirinya, maka aku haramkan baginya surga.” (HR. Bukhari, no. 3463, Muslim, no. 113).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan