Sampah Menumpuk di TPS Kota Bandung, Ini Strategi Ema Sumarna

JABAR EKSPRES – Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna berharap bisa menjalin kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang untuk menangani 35.000 ton sampah yang berada di 24 TPS Kota Bandung.

Hal ini merupakan program lanjutan atas kedatangan Ema Sumarna di kawasan Cijeruk, Kabupaten Sumedang pada Kamis, 2 November 2023.

“Kami telah berkoordinasi dengan Penjabat Bupati Sumedang. Besok, atas seizin Pj Wali Kota Bandung, saya akan berkunjung ke Kabupaten Sumedang. Kita akan melihat TPA Cijeruk dan potensi lokasi lain untuk kami manfaatkan,” terang Ema di Balai Kota, seperti dikutip JabarEkspres.com dari bandung.go.id.

Baca juga: Pengemis Pura-pura Buta, Dinsos Sebut Jarang Temukan Kasus Seperti Itu

Rencananya, Ema Sumarna akan membagi pembuangan sampah di dua tempat. Yakni TPA Sarimukti dan TPA lain yang sudah dipersiapkan pihaknya.

Menurut perhitungan yang sudah dilakukan Ema Sumarna, diperlukan 6.775 kali pembuangan ke TPA untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Bandung yang sudah berlarut-larut ini.

“Mudah-mudahan terbagi dua, ke TPA Sarimukti dan lokasi TPA yang baru ini. Mudah-mudahan, kami mohon doanya,” sambungnya.

Sementara itu, Ema Sumarna berharap kepada masyarakat Kota Bandung agar bisa mengelola sampah secara mandiri dengan berbasis kewilayahan. Pengelolaan sampah tersebut bisa dimulai dengan level RW, kelurahan, dan kecamatan.

“Dengan kerendahan hati, mari kita berubah. Waktu dan ruang berpikir sudah tidak ada lagi, jadi mulai kapan? Mulai sekarang kita hadirkan kebiasaan baru bijak mengelola sampah,” pungkasnya.

Baca juga: Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Satu Atap Rumah Warga di Bandung Roboh

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan