Miliki Manfaat Baik, Ketahui Perbedaan Antara Ubi Ungu dan Ubi Kuning!

JABAR EKSPRES – Ubi ungu dan ubi kuning diketshui merupakan dua jenis umbi-umbian yang berbeda. Berikut ini terdapat perbedan diantara keduanya. 

Perbedaan diantara keduanya mencakup warna, rasa, kandungan nutrisi, penggunaan umum, hingga beberapa faktor lain. 

Perbedaan Ubi Ungu dan Ubi Kuning

  • Warna

Ubi ungu memiliki kulit berwarna ungu atau merah ungu dengan daging yang berwarna ungu atau ungu tua.

Sementara untuk ubi kuning memiliki kulit berwarna kuning atau cokelat muda dengan daging yang berwarna kuning atau oranye. 

BACA JUGA: Ketahui Perbedaan Antara Melon Hijau Dengan Sky Rocket!

  • Rasa

Ubi ungu umumnya memiliki rasa yang lebih manis daripada ubi kuning. 

Sementara ubi kuning memiliki rasa yang lebih lembut dan biasanya kurang memiliki rasa manis jika dibandungkan dengan ubi ungu. 

  • Kandungan Nutrisi

Ubi ungu mengandung lebih banyak antioksidan, terutama anthocyanin yang memberikan warna ungu. Antioksidan ini diyakini memiliki manfaat kesehatan yang baik.

Perbedaannya, ubi kuning kaya akan beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A dan baik untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

  • Kegunaan

Ubi ungu sering digunakan dalam berbagai hidangan penutup dan makanan ringan. Mereka juga bisa diolah menjadi kentang ungu, kue, atau keripik.

Ubi kuning lebih sering digunakan dalam hidangan gurih dan dapat diolah menjadi kentang goreng, keripik kentang, atau hidangan rebus. 

BACA JUGA: Sering Digunakan Secara Bergantian, Ketahui Perbedaan Dari Lada dan Merica!

  • Budidaya

Ubi ungu dan ubi kuning tumbuh dalam kondisi budidaya yang mirip, perbedaannya ubi ungu cenderung memerlukan lebih banyak perawatan dalam beberapa kasus untuk menjaga warna dan kualitasnya.

  • Pemilihan

Pemilihan antara ubi ungu dan ubi kuning tergantung pada kebutuhan resep atau preferensi pribadi. kamu dapat memilih berdasarkan rasa, penampilan, atau kandungan nutrisi yang kamu inginkan dalam hidangan kamu.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan