Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pasar Sehat Cileunyi Bandung

JABAR EKSPRES – Persoalan sampah masih jadi sorotan publik. Pasalnya, di area Pasar Sehat Cileunyi wilayah Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung saat ini sampahnya menggunung.

Tumpukan sampah tersebut sudah mengeluarkan aroma bau tak sedap yang cukup menyengat dan dikerumuni lalat. Pengelola Pasar Sehat Cileunyi, Arman mengatakan, dirinya cukup kesulitan dalam menangani sampah yang kembali menggunung.

“Jujur, melihat sampah kembali menggunung di Pasar Sehat Cileunyi saya pusing harus bagaimana menanganinya,” kata Arman melalui seluler, Kamis (12/11).

Dia mengungkapkan, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di area Pasar Sehat Cileunyi sebelumnya sempat menumpuk dan sudah bersih beberapa waktu lalu. Tapi sekarang kondisinya kembali menggunung.

“Selain sampah telat ditarik untuk dibuang ke TPAS Sarimukti, orang-orang yang membuang sampah ke Pasar Sehat Cileunyi semakin menjadi-jadi,” ungkap Arman.

BACA JUGA: Senggol Truk, Pelajar di Cileunyi Tewas Terlindas

Diketahui, situasi tersebut dikarenakan pengiriman sampah terkendala. Sebab, Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat masih belum selesai akibat insiden kebakaran beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Arman, jangankan di Pasar Sehat Cileunyi, akibat pengaruh kondisi TPAS Sarimukti saat ini, banyak sampah dari masyarakat wilayah Kecamatan Cileunyi yang sudah tiga pekan tak terangkut.

“Kondisi di TPS Pasar Cileunyi jadi penuh, karena pengangkutan yang tertunda jadwalnya,” jelasnya.

Menurut Arman, akibat adanya insiden kebakaran di TPAS Sarimukti, membuat kondisi TPS di lingkungan pasar mengalami kelebihan kapasitas.

Selain dampak lambatnya pengangkutan sampah di TPS Pasar Sehat Cileunyi, tak sedikit masyarakat luar lingkungan pasar memanfaatkannya untuk membuang sampah pribadi ke TPS pasar.

“Terkait kejadian TPA Sarimukti pasti sangat berdampak bagi kita. Dampaknya sangat besar bagi kami, karena sampah menumpuk dan banyak sampah ‘liar’ yang masuk ke TPS kita,” bebernya.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, di tempat TPS Pasar Sehat Cileunyi, sebelumnya sempat bersih karena gunungan sampah pernah dikerjabaktikan oleh aparat dinas terkait.

Gunungan sampah terlihat di area Pasar Sehat Cileunyi, sejumlah titik juga terpantau ada sampah yang berceceran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan