Menguak Keistimewaan Hari Jumat, Ketahui Keutamaan dan Keberkahan Didalamnya

JABAR EKSPRES – Memasuki hari jumat, yang merupakan hari penuh keberkahan, ada banyak keistimewaan hari jumat yang bisa kita kupas didalamnya.

Hari Jum’at merupakan hari yang paling utama (afdhal) dari semua hari dalam sepekan. Karenanya banyak yang menyebut hari jumat sebagai hari yang penuh barakah, karena keistimewaan yang dimilikinya.

Allah Ta’ala mengkhususkan hari Jum’at ini hanya bagi kaum Muslimin dari seluruh kaum dari ummat-ummat terdahulu. Hal ini karena banyak amalan yang jika dilakukan di hari jumat maka akan mendapatkan pahala dan keutamaan yang lebih banyak dibandingkan dilakukan pada hari lain.

Keistimewaan hari jumat juga tidak hanya dari keutamaannya saja, namun ada beberapa hal yang membuatnya menjadi lebih diagungkan dari hari lain.

Untuk mengetahui apa keistimewaan dari hari jumat, bisa dilihat dari berbagai hadits yang menjelaskan keutamaan dan kemuliaannya.

Baca juga : Rosulullah Menganjurkan Sedekah di Hari Jumat, Ternyata ini Kedahsyatannya

Di antaranya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.”

Hadits berikutnya, dari Abu Hurairah dan Hudzaifah

“أَضَلَّ اللهُ عَنِ الْجُمُعَةِ مَنْ كَانَ قَبْلَنَا فَكَانَ لِلْيَهُوْدِ يَوْمُ السَّبْتِ وَكَانَ لِلنَّصَارَى يَوْمُ الأَحَدِ فَجَاءَ اللهُ بِنَا فَهَدَانَا اللهُ لِيَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

‘Allah menyimpangkan kaum sebelum kita dari hari Jum’at. Maka untuk kaum Yahudi adalah hari Sabtu, sedangkan untuk orang-orang Nasrani adalah hari Ahad, lalu Allah membawa kita dan menunjukan kita kepada hari Jum’at.’” [Al-Hadits]

Dan hadits-hadits lain yang menunjukkan besarnya keutamaan dan keistimewaan hari Jumat  di banding hari-hari lainnya.

1. Terdapat waktu-waktu mustajab dikabulkannya do’a.

Dalam ash-Shahihain terdapat hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at, lalu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“فِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا.”

“‘Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menun-jukkan sedikitnya waktu itu.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan