Murah dan Ada di Mana Saja, ini Makanan dan Minuman Penangkal ISPA Akibat Polusi Udara

JABAR EKSRPES – Polusi udara kini menjadi permasalahan kesehatan nasional, mengingat tidak hanya satu dua daerah saja yang mengalami kualitas udara buruk, namun sudah menyebar hingga kebeberapa propinsi. Akibat dari polusi udara ini banyak masyarakat yang mengeluhkan terkena penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Untuk mencegahnya ada beberapa makanan dan minuman yang bisa menjadi penangkal ISPA.

Dokter yang juga konten kreator dr Nicho Saputra Nugraha memberikan beberapa informasi tentang makanan yang bisa digunakan sebagai penangkal ISPA karena kandungan didalamnya.

Polusi udara yang terjadi di banyak kota besar di Indonesia bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan manusia. Terutama masalah kesehatan pada saluran pernafasan hingga timbul penyakit seperti ISPA.

Baca juga :  dr Nicho Saputra Ungkap Fakta Mengejutkan Tentang Mie Instan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Tiap Hari

“Semakin tinggi tingkat polusinya membuat kadar radikal bebas ditubuh kita juga tinggi,” Ujar dokter yang gemar memberikan edukasi tentang masalah kesehatan pada masyarakat melalui unggahannya di akun Instagram Pribadinya @nichosaputranugraha.

Untuk mencegahnya, Dokter Nicho memberikan solusi, dibutuhkan anti oksidan yang bisa menangkal masuknya radikal bebas kedalam tubuh manusia. Untuk memperoleh anti oksidan ini, ternyata bisa didapatkan dari beberapa makanan dan minuman yang mudah didapatkan dan harganya cukup murah.

“Untuk mengurangi resiko dampak buruk dari ISPA bisa dengan makanan dan minuman yang mengandung anti oksidan tinggi dan bisa menangkal radikal bebas,” tambahnya.

Berikut beberapa makanan yang mengandung anti oksidan tinggi yang direkomendasikan dr Nicho, diantaranya :

1. Bayam

Bayam bisa dikategorikan sebagai makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Dalam 100 gram bayam mengandung anti oksidan dengan jumlah 1,4 mmol

Hal ini karena Kandungan lutein dan zeaxanthin di dalamnya mampu membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi udara.

2. Air kelapa

Air kelapa mengandung antioksidan alami yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur, dapat meberikan manfaat air kelapa bagi kesehatan untuk membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan