Luncurkan SIMPONI, Diskominfo Cimahi: Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik

JABAR EKSPRES – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Cimahi meluncurkan Sistem Permohonan Informasi Kota Cimahi (SIMPONI), dalam rangka keterbukaan informasi publik dan mewujudkan good governance pada, Rabu (27/9).

Sesuai dengan implementasi UU No. 14 Tahun 2008 Tentang keterbukaan informasi publik, dimana pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik yang efektif dan responsif.

Peluncuran SIMPONI dihadiri oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Cimahi.

Kepala Diskominfo Kota Cimahi, Hendra Gunawan mengatakan peran PPID yang sangat penting terutama di era digital. Sehingga sumber informasi di era digital menjadi sangat mudah.

“Saat ini predikat Kota Cimahi cukup informatif, di tambah dengan nilai keterbukaan informasinya berada di kategori ketiga dari lima kategori yang ada,” ucapnya.

Menurutnya, nilai-nilai yang tercapai merupakan salah satu faktor yang disebabkan dengan adanya distribusi informasi dan juga tampilan informasi. Maka dari itu, Hendra meminta untuk seluruh tim yang terlibat untuk lebih mengoptimalkan website PPID Kota Cimahi.

“Upaya untuk optimalisasi keterbukaan informasi yang lebih baik adalah akselerasi layanan melalui media website yang diperbarui sehingga PPID dapat langsung menjawab permohonan informasi dari masyarakat,” lanjutnya.

Kabid. Informasi Komunikasi Publik dan Statistik Diskominfo Kota Cimahi, Hendi Purwanda mengatakan dengan adanya SIMPONI, ia berharap masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi publik.

“Bagi Pemerintah Daerah Kota Cimahi koordinasi yang baik antara perangkat daerah menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Di era digital, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan peluang untuk memperbaiki efisiensi dan efektivitas layanan publik,” Ungkapnya.

Hendi juga menyatakan bahwa pembangunan kualitas koordinasi antara setiap perangkat yang terlibat sangatlah penting.

“Sangat penting membangun kualitas koordinasi antara perangkat daerah di Pemerintah Kota Cimahi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan