Lakukan Amalan ini, Maka Api Neraka Diharamkan Menyentuh Tubuhmu

JABAR EKSPRES – Tidak ada manusia dibumi ini yang mau masuk ke neraka, karenanya semu berlomba-lomba melakukan ibadah untuk mendapatkan surga.
Padahal ada satu amalan yang ternyata memiliki keutamaan luar biasa, yakni diharamkannya Api neraka menyentuh tubuhmu, jika rutin mengerjakan amalan ini.

Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui tentang amalan yang mengharamkan api neraka bagi yang melakukannya ini, dan malah cenderung mengabaikannya. Padahal jika dilakukan tidak akan lebih dari 10 menit setiap harinya.

Amalan ini juga tidak akan pernah terlewat karena waktu mengerjakannya sangat jelas dan berdekatan dengan ibadah wajib yang harus dilakukan.

Baca juga : Kenali Dahsyatnya Api Neraka Dan Tanda-tanda Penghuninya

Amalan tersebut adalah mengerjakan sholat sunnah empat raka’at sebelum Zhuhur dan empat raka’at sesudah zhuhur. Hal ini sebagaimana terdapat dalam hadits Ummu Habibah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
مَنْ حَافَظَ عَلَى أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرُمَ عَلَى النَّارِ
.
“Barangsiapa merutinkan shalat sunnah empat raka’at sebelum Zhuhur dan empat raka’at sesudah Zhuhur, maka akan diharamkan baginya neraka.”HR.Abu Daud no. 1269, An Nasa-i no. 1816, dan At Tirmidzi no. 428. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Dari hadits itu sudah sangat jelas, jika melakukan amalan ini secara rutin dan konsisten, maka kamu tidak akan pernah merasakan panasnya api neraka. Selain hadits diatas juga ada hadits lain yang menjelaskan hal tesebut.

Dari ’Aisyah –radhiyallahu ’anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
.
أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ
.
”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” ’Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya. HR. Muslim no. 783, Kitab shalat para musafir dan qasharnya, Bab Keutamaan amalan shalat malam yang kontinu dan amalan lainnya.

Baca juga : Ini Dia Tampilan Pertama Film Siksa Neraka, Serem?

An-Nawawi rahimahullah mengatakan, ”Ketahuilah bahwa amalan yang sedikit namun konsekuen dilakukan, itu lebih baik dari amalan yang banyak namun cuma sesekali saja dilakukan. Ingatlah bahwa amalan sedikit yang rutin dilakukan akan melanggengkan amalan ketaatan, dzikir, pendekatan diri pada Allah, niat dan keikhlasan dalam beramal, juga akan membuat amalan tersebut diterima oleh Sang Kholiq Subhanahu wa Ta’ala. Amalan sedikit namun konsekuen dilakukan akan memberikan ganjaran yang besar dan berlipat dibandingkan dengan amalan yang sedikit namun sesekali saja dilakukan.”Syarh Muslim, An Nawawi, 6/71, Dar Ihya’ At Turots, cetakan kedua, tahun 1392 H.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan