6 Wujud Penyakit Hati yang Bisa Mempengaruhi Perilaku Manusia

1. Riya (Pamer)

Penyakit hati yang pertama adalah riya. Riya ini sering dilakukan oleh orang yang ingin kelihatan sudah melakukan amal sholeh, dengan begitu dia melakukannya bukan karena Allah SWT.

Perilaku ini harus dijauhkan sebab orang yang melakukan riya tidak akan mendapat pahala dari Allah SWT atas perbuatan amal solehnya.

2. Hasad dan Husud (Iri Dengki)

Hasad dan Husud atau lebih kita kenald engan Iri merupakan sikap tidak senang dengan apa yang dimiliki orang lain, sedangkan dengki adalah bentuk amarah dari rasa iri tersebut. Perilaku ini harus dihindari karena dapat memutus tali persaudaraan antar umat Muslim.

3. Takabur (Sombong)

Takabur adalah perasaan yang menilai diri sendiri lebih tinggi dibanding orang lain. Perilaku seperti ini umumnya muncul saat seseorang dititipkan harta, jabatan, wajah rupawan atau kepandaian dari Allah SWT.

4. Ujub (Merasa Soleh)

Ujub merupakan perasaan yang membanggakan diri sendiri dalam beribadah. Sebaiknya sifat ini dihindari karena dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala ibadah seseorang dan mendorong sifat sombong.

5. Ghadab (Pemarah)

Sifat ini dimiliki seseorang yang sulit mengontrol emosinya sehingga nalarnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Bukan hanya dibenci oleh sesama manusia, sifat pemarah juga amat dibenci Allah SWT.

6. Ghibah (Bergunjing)

Perilaku ini sering dijumpai dalam masyarakat dan lebih dikenal dengan istilah bergosip dan membicarakan aib seseorang. Perbuatan ini harus dihindari karena bisa menimbulkan kebencian dan termasuk dosa besar.

Demikian bentuk atau wujud dari penyakit hati yang bisa mempengaruhi perilaku dan karakter seseorang. Sehingga sebisa mungkin harus menghindarinya dengan selalu menjaga hati kita.

Wallahu ‘Alam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan