6 Tanaman yang Bisa Jadi Solusi untuk Penyaring Udara saat Polusi Tinggi

JABAR EKSPRES – Laporan mengenai buruknya kualitas udara diberbagai kota besar kian membuat warga merasa resah. Banyak cara dilakukan untuk bisa mengatasi permasalahn tersebut, salah satunya dengan menggunakan tanaman yang secara alami bisa menjadi penyaring udara.

Banyak orang yang memilih untuk tidak keluar rumah dan lebih banyak melakukan aktivitas didalam ruangan untuk menghindari terpapar racun dari polusi udara. Namun belum tentu juga udara didalam ruangan sudah terbebas dari polusi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ternyata bisa dengan menaruh beberapa tanaman yang dipercaya bisa menyaring udara kotor menjadi bersih. Letakkan tanama-tanaman tersebut didalam ruangan, bisa di atas meja sebagai hiasan, atau di sudut-sudut ruangan.

Baca juga : 7 Jenis Penyakit Akibat Polusi Udara, Ada ISPA hingga Kanker

Tanaman-tanama ini memiliki kemampuan alami untuk menyerap polutan dan menjaga kualitas udara di sekitar mereka. Sehingga sangat efektif untuk mengatasi masalah kualitas udara yang sedang buruk seperti saat ini.

Berikut 6 tanaman yang efektif menjadi penyaring udara dalam mengatasi polusi udara:

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya adalah tanaman yang populer untuk perawatan kulit dan memiliki kemampuan untuk menghilangkan bahan kimia seperti formaldehida dan benzene dari udara. Selain itu, lidah buaya juga menghasilkan oksigen pada malam hari, menjadikannya pilihan yang baik untuk ditempatkan di kamar tidur.

2. Tanaman Karet (Rubber Plant)

Tanaman karet memiliki kemampuan untuk menghilangkan senyawa organik volatil (VOCs) yang umum ditemukan dalam bahan bangunan dan peralatan rumah tangga. Tanaman ini dapat membantu membersihkan udara dari formaldehida dan benzene serta meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Baca juga : Ini yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Polusi Udara Seperti Saat ini

3. Sansevieria (Lidah Mertua)

Sansevieria dikenal sebagai tanaman lidah mertua atau ular lidah karena bentuk daunnya yang panjang dan runcing. Tanaman ini dapat membantu menghilangkan polutan seperti formaldehida, xylene, toluene, dan nitrogen oksida. Sansevieria juga memiliki kemampuan unik untuk mengubah CO2 menjadi oksigen di malam hari.

4. Spider Plant (Tanaman Laba-Laba)

Tanaman laba-laba adalah tanaman yang mudah tumbuh dan sangat efektif dalam menghilangkan polutan seperti formaldehida dan xylene. Tanaman ini dapat dengan cepat menyebar dan menghasilkan “anak-anak” baru yang dapat ditanam secara terpisah untuk memperbanyak koleksi tanaman penyaring udara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan