Pasangan Kamu Narsistik? Ini Dia Tanda-tandanya

JABAR EKSPRES- Ketika berbicara tentang seseorang yang narsis, mungkin terlintas gambaran seseorang yang sombong, merasa berhak, dan mencari perhatian yang dikenal sebagai narsis terbuka. Namun, ada jenis narsisme lain yang seringkali tidak terdeteksi, yaitu narsisme terselubung.

Meskipun perilaku narsistik terselubung mungkin kurang terlihat, namun hal ini dapat berbahaya secara psikologis bagi orang-orang di sekitarnya.

Menurut psikolog klinis Craig Malkin seperti yang dilaporkan oleh Huffington, kepribadian narsistik terbuka dan narsis terselubung hampir sama, namun cara keduanya menunjukkan diri berbeda.

Lalu, bagaimana sebenarnya narsisme terselubung ini terlihat dalam hubungan romantis? Para ahli menjelaskan setidaknya ada lima tanda yang perlu diwaspadai:

Sering berperan sebagai korban (Play Victim)
Tanpa peduli masalah apa yang dihadapi, pasangan Anda selalu berusaha menempatkan diri sebagai korban atau orang yang dirugikan.
“Karena mereka mengekspresikan kecongkakan mereka dengan menjadi orang yang paling disalahpahami atau disakiti di ruangan, narsis terselubung selalu ingin menang dalam permainan tentang siapa yang paling terluka,” kata Malkin.

Baca juga: Kamu Pasangan LDR ? Inilah Tips Menahan Rindu Berbulan-bulan

Pasangan Anda akan merasa selalu dikritik, kecewa, dan kurang didukung, dan mengungkapkan hal-hal seperti, “Kamu tidak menghargai saya.”

Jika Anda selalu merasa perlu meminta maaf, bahkan ketika Anda tidak bersalah atau merasa terluka, ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda mungkin hidup bersama seseorang yang narsistik terselubung.

Cemburu ketika orang lain menjadi pusat perhatian
Orang dengan narsisme terselubung akan merasa iri, kesal, dan tidak aman ketika perhatian orang lain atau pasangannya lebih banyak tertuju pada hal lain.

Misalnya, ketika teman Anda merayakan kenaikan jabatan baru di tempat kerja, jika pasangan Anda adalah narsistik terselubung, mereka akan merasa tidak nyaman karena tidak menjadi pusat perhatian pada momen penting bagi Anda.

Baca juga: Tips Agar LDR Tak Jadi Halangan untuk Tetap Mesra dengan Pasangan

 

Menyembunyikan perasaan sebenarnya
Orang dengan narsis terselubung akan menampilkan emosi mereka dengan cara yang manipulatif. Mereka sering menunjukkan kerentanannya sebagai topeng untuk menyembunyikan perasaan sebenarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan