Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui dalam Setiap Tetesnya

JABAR EKSPRES – Meskipun banyak orang mungkin bukan penggemar teh hitam yang memiliki rasa pekat dan gelap, namun ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara teratur.

Teh hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga menjadi pilihan yang aman untuk di konsumsi sehari-hari. Meskipun rasanya cukup kuat, kandungan kafein dalam teh hitam masih lebih rendah daripada kopi, meskipun lebih tinggi di bandingkan dengan teh lainnya.

Baca juga : Daftar Makanan Pembakar Lemak Cocok untuk Diet

Teh hitam berasal dari tanaman Camellia sinensis dan sering di campur dengan bahan lain untuk memberikan variasi rasa, seperti earl gray atau chai.

Manfaat Mengkonsumsi Teh Hitam

1. Meningkatkan Fokus

Kandungan kafein dan asam amino L-theanine dalam teh hitam dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan. L-theanine membantu meningkatkan aktivitas alfa di otak, yang menghasilkan relaksasi dan konsentrasi yang lebih baik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi L-theanine dan kafein dapat memiliki efek positif pada konsentrasi dan fokus.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Teh hitam mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker dan meningkatkan kematian sel kanker.

Studi telah menemukan bahwa minum teh hitam terkait dengan penurunan risiko kanker mulut, saluran pencernaan, payudara, ovarium, paru-paru, dan tiroid. Namun, di perlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami manfaat teh hitam dalam hal ini.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolesterol

Teh hitam mengandung aflavin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan menyerap dan mengeluarkannya melalui sistem pencernaan. Teh hitam juga mengandung quercetin, sejenis flavonoid yang dapat menjaga kesehatan jantung dengan menjaga kelenturan pembuluh darah.

Konsumsi teh hitam secara teratur dapat membantu mengontrol tekanan darah.

4. Mengurangi Risiko Stroke

Minum teh hitam secara teratur dapat membantu mengurangi risiko stroke. Sebuah studi menemukan bahwa minum setidaknya dua cangkir teh hitam setiap hari dapat mengurangi risiko stroke sebesar 16% di bandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

5. Memperpanjang Umur dan Mengurangi Risiko Kematian

Minum teh hitam secara rutin dapat membantu memperpanjang umur. Studi menunjukkan bahwa minum dua cangkir teh hitam setiap hari dapat mengurangi risiko kematian akibat berbagai penyebab hingga 13%.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan