10 Amalan yang Bisa Dilakukan saat Malam Satu Suro Menurut Ajaran Islam

JABAR EKSPRES – 10 amalan ini bisa Anda lakukan ketika malam satu suro tiba, amalan ini di anjurkan oleh ajaran islam.

Seperti yang kita tahu, tidak lama lagi umat Islam akan meninggalkan tahun 1444 Hijriyah dan memasuki tahun baru Islam 1445 Hijriyah. 1 Muharram, menurut kalender resmi, jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023.

Hal ini berarti bahwa pada malam Selasa, 18 Juli 2023, kita akan memasuki tahun baru Islam atau yang di kenal sebagai malam 1 Muharram. Karena kalender Hijriyah menggunakan penanggalan qamariyah atau lunar, pergantian hari dalam kalender ini terjadi pada petang.

Baca juga : Malam Satu Suro Dianggap punya Banyak Mitos Mistis Salah Satunya Dilarang Keluar Malam, Kenapa?

Kalender Hijriyah, yang di tetapkan pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab, kemudian di adopsi sebagai kalender Jawa. Oleh karena itu, kalender Jawa dan kalender Hijriyah memiliki kesamaan.

1 Muharram dalam kalender Hijriyah juga di kenal sebagai 1 Suro dalam kalender Jawa. Begitu pula, Bulan Muharram di sebut sebagai bulan Suro.

Setelah mengetahui persamaan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa malam 1 Suro dan malam 1 Muharram sebenarnya merujuk pada saat yang sama. Pergantian tahun juga terjadi pada saat matahari terbenam dan bulan muncul di ufuk timur.

Dalam ajaran Islam, terdapat berbagai amalan yang di anjurkan selama bulan Muharram. Amalan-amalan ini sudah dapat di lakukan pada malam 1 Suro atau malam 1 Muharram.

Amalan Malam Satu Suro yang Bisa Dilakukan Menurut Ajaran Islam

1. Sholat

2. Menjalin silaturahim

3. Bersedekah

4. Mandi

5. Menggunakan celak mata

6. Menjenguk orang sakit

7. Meningkatkan nafkah keluarga

8. Memotong kuku

9. Mengusap kepala anak yatim

10. Membaca Surat al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali.

Baca juga : Benarkah Tak Boleh Menikah di Bulan Muharam atau Suro?

Jika ditambah dengan berpuasa, maka pada malam 1 Suro, seseorang sudah dapat sahur dan berniat untuk melakukan puasa sunnah di bulan Muharram.

Semoga dengan melaksanakan amalan-amalan ini, umat Islam dapat menyambut tahun barua atau malam satu suro dengan penuh keberkahan dan mendapatkan manfaat spiritual yang besar.

Tinggalkan Balasan