4 Wilayah di Kabupaten Bogor Ini Jadi Fokus Penanganan Stunting, Pemkab Targetkan Zero di Jabar

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten Bogor bersama jajaran mengadakan rapat rempug stunting di Gedung Serbaguna 2, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (4/7).

Pemerintah Kabupaten Bogor mengklaim tinggal menyisakan 4,78 persen atau 16.000 Balita dengan kondisi stunting. Angka ini turun dari sebelumnya hampir 9 persen.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menyampaikan, dari angka stunting tersebut tersebar hampir di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Namun, kata dia ada empat kecamatan yang menjadi fokus dalam melakukan penanganan stunting.

BACA JUGA: Kolaborasi Lima Pilar, Berhasil Tekan Angka Stunting di Kota Bandung

Keempat kecamatan itu diantaranya, Kecamatan Bojonggede, Cibinong, Gunung Putri dan Cileungsi yang Dan tersebar di 10 desa dan kelurahan.

“Karena empat kecamatan ini menjadi wilayah penyumbang stunting terbanyak daripada kecamatan lain,” ujar Iwan Setiawan kepada media.

Untuk menangani stunting di empat kecamatan itu, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui 12 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan bersama-sama menanganinya.

“Makanya kita rembug stunting itu kita petakan dulu, ternyata 4 Kecamatan itu yang harus kita keroyok oleh 12 SKPD,” paparnya.

Lebih lanjut, kata Iwan, untuk mengetahui penyebab empat kecamatan ini menjadi penyumbang stunting. Pihaknya akan
mendiagnosa wilayah-wilayah tersebut.

BACA JUGA: Tekan Angka Stunting Kota Bandung, Pemkot Lakukan Kolaborasi Pentahelix

Karena selama ini, salah satu faktor banyaknya balita stunting dipredikatkan terhadap daerah miskin atau pertumbuhan lemah

“Akan tetapi ternyata ada di lingkungan yang padat penduduk dan semi perkotaan, kumuh, sanitasinya kurang baik,” lanjutnya.

Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Bogor pernah menyabet inovasi penanganan stunting dan menjadi pemenang lomba nomor 1.

“Mudah-mudahan dengan prestasi itu, penanganan stunting di Kabupaten Bogor yang tinggal menyisakan 4,78 persen bisa selesai, dan target Jawa barat Zero stunting dapat tercapai,” pungkasnya. (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan