Ini Rahasia Langsing Melly Goeslaw, Operasi Bariatrik, Manfaat dan Resikonya

JABAR EKSPRES – Beberapa waktu lalu publik dibuat terkejut dengan penampilan baru Melly Goeslaw yang tiba-tiba menjadi langsing. Ternyata rahasia dibalik penampilan terbaru vokalis Band Potret ini adalah operasi Bariatrik.

Operasi bariatrik diketahui merupakan salah satu alternatif bagi yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih.

Mungkin masyarakat memang masih awam dengan istilah Operasi bariatrik, karena belum banyak yang mengetahui tindakan medis apa yang ditempuh dalam operasi ini.

Dilansir dari laman Alodokter, Operasi bariatrik atau yang dikenal dengan potong lambung ini adalah pembedahan yang dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

Baca juga : Resiko yang Tersembunyi dari Operasi Bariatrik, Ini Penjelasannya!

Biasanya operasi ini dilakukan pada penderita obesitas yang sulit diatasi hanya dengan diet dan olahraga. Atau yang sudah mengalami penyakit lain yang timbul dan membahayakan.

Operasi ini bertujuan untuk membatasi jumlah makanan yang dapat ditampung oleh lambung atau mengurangi penyerapan nutrisi di usus halus.

Jenis Operasi Bariatrik

Ada empat jenis tindakan dalam operasi bariatrik yang dilakukan sesuai dengan keluhan pasien, yaitu:

1. Gastric bypass

Dalam prosedur ini, dokter bedah akan memisahkan lambung menjadi dua bagian, yaitu bagian atas yang berukuran lebih kecil dan bagian bawah yang lebih besar.

Usus halus juga akan dipotong menjadi lebih pendek dan langsung disambungkan dengan bagian lambung yang berukuran kecil tadi.

Tujuannya adalah untuk mengurangi ruang tampung makanan di lambung dan mengurangi penyerapan nutrisi dari makanan di usus halus.

2. Sleeve gastrectomy

Metode ini dilakukan dengan membuang sekitar 75-80% bagian lambung. Bagian lambung yang disisakan berbentuk ramping dan memanjang seperti pisang.

Dengan begitu, daya tampung lambung pun berkurang secara signifikan dan pasien akan menjadi lebih cepat kenyang setelah menjalani operasi pemotongan lambung.

baca juga : Resiko yang Tersembunyi dari Operasi Bariatrik, Ini Penjelasannya!

3. Adjustable gastric band

Pada operasi bariatrik jenis ini, lambung akan diikat dengan sebuah alat khusus yang berbentuk menyerupai cincin.

Dokter dapat memasang alat ini, kemudian mengencangkan atau mengendurkannya sesuai keperluan. Ikatan ini akan membatasi jumlah makanan yang dapat dimakan dan membuat cepat kenyang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan