Kerap Terjadi Kemacetan, Underpass Stasiun Batutulis Diklaim Jadi Solusinya

BOGOR – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah membangun underpass Stasiun Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan. Wali Kota Bogor Bima Arya menyambut baik lantaran bisa menjadi solusi mengurai kemacetan.

Menurutnya, hadirnya underpass tersebut, mampu memecahkan persoalan perlintasan tidak sebidang dengan arus lintas yang berada di sekitar perlintasan kereta api di Stasiun Batutulis.

 

“Jadi Insya Allah tidak akan ada lagi kemacetan. Karena nanti mobilnya (pengendara melintas) dimasukkan ke akses underpass, sehingga tidak ada hambatan ketika kereta melintas tidak usah ditutup terus, jadi kereta bisa terus jalan dan kemacetan di sana juga terurai karena pengendara masuk ke underpass,” ungkapnya, Rabu, 11 Januari 2023.

Pembangunan perlintasan tidak sebidang lintas Bogor-Sukabumi di Stasiun Batutulis, Jalan Saleh Danasasmita,  dengan membangun underpass, sudah berjalan sejak November 2022 silam.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian wilayah Bogor-Sukabumi, Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Bandung, Defri W menyebut, progress pembangunan underpass tersebut sudah sekitar 10 persen.

 

Dia menjelaskan, panjang underpass yang akan dibangun berjarak sekitar 10 hingga 15 meter dengan tinggi tujuh meter dan ditargetkan rampung dalam 300 hari kerja.

 

Saat ini pihaknya sedang melakukan pembersihan lahan dan pembesian untuk persiapan pemasangan bored pile atau pondasi tiang bor.

 

“Kan sebelumnya (titik awal pembangunan underpass) memang terdapat tumpukan tanah, saat ini tim dari kami dibantu pelaksana sedang melakukan land clearing, terus tadi pembesian dan tentunya koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” jelasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *